Home Advertorial Alex Noerdin : 736.563 Hektare Lahan Terbakar Akibat Efek Elnino

Alex Noerdin : 736.563 Hektare Lahan Terbakar Akibat Efek Elnino

ADVETORIAL

 

 

KORDANEWS- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Indonesia tahun lalu merupakan yang terparah sepanjang sejarah. Salah satu daerah terparah yang terkena karhutla adalah Provinsi Sumatera Selatan dimana luas hutan dan lahan yang terbakar mencapai 736.563 hektar.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengungkapkan, penyebab terjadinya karhutla di empat kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan itu karena efek elnino dan kemarau yang berkepanjangan. “Pada saat itu memang efek elnino yang luar biasa panasnya dan kemarau kering yang panas, “ungkap Alex saat menjadi pembicara dalam seminar Sespimti Polri Dikreg ke-25 Tahun Anggaran 2016 di Gedung PTIK, Jakarta.

Turut menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili Dirjen Penegakan Hukum, Kapolda Riau yang diwakili Kepala Biro Operasional dan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Alex melanjutkan, kebakaran yang terjadi di Sumsel saat itu sangat sulit dipadamkan. Karena sebagian besar lahan yang terbakar adalah lahan gambut. “Gambut kalau sekali terbakar sangat sulit dipadamkan kecuali dia terendam kembali,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan udara dari pesawat Hercules 130 milik Australia, kebakaran hutan dan lahan tersebut terlihat sangat mengerikan. Kala itu, api menyebar kemana-mana hingga menyerupai kembang api.  “Api dilontarkan ratusan meter ke atas dan sekelilingnya, seperti kembang api,” jelasnya.

Bahkan ia menyebut, kebakaran hutan dan lahan itu mirip tornado fire. “Kalau di luar negeri hanya tornado, kalau di kita ada api tornado,” sebutnya.

Hingga akhirnya upaya pemadaman api dilakukan menggunakan 17 pesawat terbang. 12 pesawat di antaranya berasal dari bantuan negara Amerika, Australia Singapura, Malaysia dan Rusia.

Dengan pesawat itu, pengeboman air (water bom) pun dilakukan melalui udara untuk memadamkan api. “Jumlah shorty pengeboman dilakukan 19.253 kali, 71 juta liter air, menggunakan 17 pesawat. Jumlah bantuan internasional sebanyak 865 shorty, berapa kali penerbangan dengan 9 juta liter air,” terang dia.

Selain sulit dilakukan, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan ini terbilang mahal. “Sebagai perbandingan saja, kalau saya sewa helikopter ke dua kabupaten, jadi kira-kira 4-5 jam sudah kembali ke Palembang, harga sewanya kira-kira satu kijang innova. Karhutla jelas mengakibatkan kerugian yang luar biasa,”

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel terus berupaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang berujung pada bencana kabut asap itu. Sebagai langkah antisipasi, Pemprov Sumsel telah mendirikan sebanyak 252 posko bersama yang terkonsentrasi di empat wilayah kabupaten.

Di antaranya, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin yang tahun lalu terjadi kebakaran hutan dan lahan yang hebat di sana. Selain itu, antisipasi juga dibantu oleh satuan tugas kebakaran hutan dan lahan. Tahun ini, jumlah anggota satuan tugas tersebut sudah mencapai 4719 orang. Mereka selalu siaga 24 jam kalau terjadi kebakaran.

“Jadi kalau ada pemindaian dari sateleit hot spot masuk, kalau memang benar (terjadi kebakaran), mereka langsung bergerak. Tapi hot spot itu belum tentu fire spot (titik api). Gudang beratap seng yang terkena terik matahari yang tertangkap satelit juga menjadi hot spot. Jadi kalau ada informasi hotspot di posko terdekat turun ground set, kalau memang benar water bom dilakukan. Sekarang yang standby di Palembang ada 3 helikopter dari BNPB,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Alex juga memuji kinerja Satuan TugasKebakaran Hutan dan Lahan yang dipimpin Komandan Korem 044/Gapo Kol Inf Kunto Arief Wibowo. Dia menilai satgas tersebut tidak tidak berhenti mengendalikan dan memadamkan api saat terjadi karhutla tahun lalu. “Kita punya dansatgas terbaik di Indonesia untuk mencegah jangan terjadi kebakaran lagi,” jelasnya.

Meski Sumsel melewati masa kritis kebakaran hutan dan lahan, namun sumsel masih menyisakan persoalan. Pasalnya, 700.000 hektar lebih lahan yang terbakar tahun lalu belum juga mendapat rehabilitasi.

“Dulu kita punya Badan Restorasi Gambut Indonesia (BRGI), karena sebagian besar yang terbakar adalah lahan gambut. Tetapi dengan efisiensi sekararang ini, yang dulunya sangat besar sekarang juga terefisienkan. Jadi, sudah tidak mungkin bisa merestorasi gambut kita secara keseluruhan. APBN kita juga terbatas, apalagi APBD,”

Untuk itu, Alex Noerdin berharap kepada segenap masyarakat dan pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat memberikan dukungan kepada Provinsi Sumsel terkait upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, baik melalui program jangka pendek dan jangka panjang.

“Sumsel sangat berkepentingan, tidak boleh ada lagi kebakaran hutan. Kenapa tidak boleh, karena kebakaran hutan dapat menimbulkan kabut asap yang sangat merugikan negara-negara tetangga. Selain itu sumsel juga akan menjadi tuan rumah asean games tahun 2018 nanti,” ujarnya.

Sebagai catatan, pada akhir Agustus yang lalu Gubernur Alex Noerdin diundang secara khusus sebagai pembicara pada High Level Forum Restorasi Lanskap Dunia The Bonn Challenge Amerika Latin dan Afrika Selatan di Panama yang dibuka langsung Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo. Dalam rangkaian tersebut Alex Noerdin sendiri yang menjadi wakil Indonesia dalam pertemuan yang ditandai dengan penanaman pohon juga diikuti Presiden Panama Juan Varlos Varela.

Menurut Alex Noerdin, menghadapi Karhutla, pemerintah Sumsel mulai mengembangkan kemitraan multi stakeholder untuk mengelola sumber daya alam melalui Program Kemitraan dalam Pengelolaan Ekoregion atau Landscape, dengan tujuan mencapai pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ekologi yang berkelanjutan dengan konservasi keanekaragaman hayati.

Kemudian melakukan perlindungan hutan dan pemulihan melalui pengembangan pertumbuhan hijau dengan memanfaatkan pendekatan manajemen lanskap berkelanjutan terpadu. Selain itu juga melakukan prioritas dalam kebakaran pencegahan lebih lanjut hutan, restorasi dan rehabilitasi lahan gambut yang terdegradasi, dan pembentukan kerangka kerja untuk green growth.

Alex Noerdin juga turut diundang menjadi sebagai keynote speech pada IUCN WCC 2016 yang diselenggarakan The Zoological Society of London (ZSL) pada 4-6 September 2016 di Hawaii.

Pada Senin (5/9) Alex Noerdin menjadi pembicara di rangkaian IUCN WCC yang mengangkat tema Kemitraan Pengelolaan Lanskap (Kelola) Sembilang Dangku (Sen Dang) Sesi sebagai paradigma baru untuk Sustainable Landscape Manajemen di Sumatera Selatan, Indonesia. ( adv)

 

 

 

 

editor  : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here