Home Budaya Ada Pantai Tapak Hantu Di Bangka ?

Ada Pantai Tapak Hantu Di Bangka ?

KORDANEWS-Bangka memang ditakdirkan punya banyak pantai cantik. Satu yang namanya berbau mistis, yaitu Pantai Tapak Antu. Meski begitu, pantai ini tetap mempesona.

Di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada pantai yang unik, yakni pantai Tapak Antu alias telapak hantu. Namun jangan khawatir, pantai ini tidak seseram namanya.

Seperti pantai-pantai di Bangka pada umumnya, Pantai Tapak Antu menyuguhkan panorama yang indah. Pantai pasir putih dengan laut biru dan ombak yang tenang ini dipenuhi dengan batu-batu putih besar khas Pulau Bangka. Nah penduduk setempat meyakini, di salah satu batu besar tersebut ada bekas telapak kaki hantu.

Dedi (27), warga Bangka Tengah, menunjukkan cap kaki ‘hantu’ tersebut kepada detikTravel saat berkunjung ke pantai Tapak Antu di Kecamatan Bukit Belubang, Bangka Tengah, Sabtu (10/9/2016) lalu. Memang ada beberapa bekas mirip telapak kaki manusia di atas batu tersebut.

Namun sebagian cap telapak kaki itu ukurannya lebih besar dari ukuran kaki manusia dewasa pada umumnya. “Karena lebih besar itu disebut sebagai tapak antu. Dulu tapaknya jelas sekali, sekarang sudah agak samar,” katanya.Pantai ini letaknya tak jauh dari Kota Pangkalpinang, sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 25 menit. Lokasinya masuk ke dalam, melewati perkampungan. Meski demikian, tak sulit menemukan pantai ini karena ada beberapa papan penunjuk jalan. Tak ada biaya sepeserpun untuk menikmati keindahan pantai Tapak Antu.

Banyak warga yang menghabiskan akhir pekan di pantai ini. Selain karena gratis dan mudah dijangkau, pantai ini juga sejuk karena banyak pepohonan di sekitarnya. Ada juga pondok-pondok di tepi pantai yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh pengunjung.

Namun demikian, mereka lebih banyak memilih menggelar tikar di bawah pohon. Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu dengan membakar ikan atau kepiting sambil menikmati keindahan pantai ini.

Para orang tua juga tidak khawatir membiarkan anaknya berlarian di sepanjang garis pantai karena ombaknya tenang. Cocok sekali untuk menghabiskan liburan panjang akhir pekan ini.

sumber.Detiktravel

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here