Home Uncategorized Kenapa Madu Dilarang Untuk Bayi dibawah 1 Tahun

Kenapa Madu Dilarang Untuk Bayi dibawah 1 Tahun

KORDANEWS-  Madu merupakan salah satu asupan yang dikenal bernutrisi tinggi dan menyehatkan. Meskipun demikian, madu justru dilarang diberikan pada anak-anak yang masih berusia di bawah 1 tahun.

Dikatakan oleh dokter spesialis gizi klinik RSUD Tangerang Selatan, dr Dian Permatasari, SpGK, madu sebaiknya baru diberikan pada anak setelah ia berusia 1 tahun ke atas. Ini karena madu mengandung bakteri clostridium botulinum, yang dapat memengaruhi kesehatan anak.

Menurut dr Dian, ketika anak sudah berusia 1 tahun ke atas, madu mulai boleh diberikan sehari-hari. “Pilihnya madu yang khusus untuk anak-anak ya, madu balita begitu kan ada,” tuturnya.

Senada dengan dr Dian, dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya juga melarang pemberian madu pada anak berusia di bawah 1 tahun. dr Meta menjelaskan bahwa kandungan clostridium botulinum benar berbahaya dan bisa menyebabkan penyakit serius, bahkan kelumpuhan.

Bakteri clostridium bisa menyebabkan botulisme pada bayi. Ketika si kecil terkena botulisme, maka bisa terjadi kelemahan otot. Beberapa gejala botulisme di antaranya bayi jarang ingin menyusu, menangis dengan lemah, sembelit, dan kekuatan ototnya melemah.

Dikutip dari Mayo Clinic, selain madu, beberapa produk seperti sirup jagung juga kemungkinan mengandung bakteri clostridium meskipun belum bisa dibuktikan bahwa botulisme pada bayi terkait dengan konsumsi produk ini.

Oleh sebab itu, akan lebih aman jika sebelum mengenalkan madu atau asupan baru lainnya pada anak, orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.

 

 

 

editor  : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here