Home Headline Jika Tak Serius, Komitmen Berantas Pungli akan Temui Jalan Terjal

Jika Tak Serius, Komitmen Berantas Pungli akan Temui Jalan Terjal

KORDANEWS— Pengamat Politik Sumatera Selatan Joko Siswanto memandang terhadap Komitmen Presiden “Jokowi Widodo” untuk memberantas pungutan liar (pungli) akan menemui jalan terjal bila tak dilakukan secara serius.

 

Joko  mengungkapkan dibutuhkan integritas dan komitmen penuh serta manusia setengah dewa untuk mewujudkan kebijakan pemberantasan pungli tersebut dan Joko juga mengatakan jika Presiden Jokowi tidak ingin kehilangan wibawa dengan kebijakan yang ia buat, tentu harus dibuktikan dengan tindakan bukan hanya sekedar bicara.

 

“Dulukan sudah ada kebijakan seperti ini dan yang muncul adalah pencitraan, kalau pemerintah mau wibawa di masyaraakat harus benar benar di wujudkan dengan tindakan bukan hanya nilai uangnya tetapi harus perilaku nya yang diubah,” ujar (26/10)

 

Menurutnya, kebijakan pemberantasan pungli  ini selaras dengan revolusi mental dengan cara  mindset dan  cara berperilaku serta  berpikir agar bisa mengedepankan nilai moralitas dan  menghargai nilai-nilai hukum positif.

 

“Kemajuan harga diri suatu bangsa terletak terhadap apa yg telah menjadi kesepakatan, tetapi kelemahan yang jita hadapi saat ini.adalah sistem aturan, pejabat, aparat dan budaya hukum yang belum bekerja maksimal dari sisi aturan sudah bagus,”katanya

 

Diakui Joko, kebijakan pemberantasan pungli juga harus didukung oleh masyarakat  juga diiringi dengan kebijakan lainnya

 

“Misalnya jika gaji pegawai kurang mencukupi pemerintah harus membuat kebijakan untuk menaikkan gaji, agar pungli tidak terjadi dan yang tidak kalah penting adalah pengawas,” ungkap Joko.

 

Oleh karena itu, untuk memberantas pungli dibutuhkan masyarakat setengah dewa, utamanya PNS dari pimpinan terbawah yakni eselon empat.  “Jadi mereka punya integritas dan komitmen untuk mengawasi anak buahnya, jika dari lini terbawah sudah komit dan siap mengawasi pungli maka tidak akan terjadi pungli,” tutupnya.

 

EDITOR : AWAN

SUMBER : KORDANEWS

 

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here