Home Sumsel Irigasi Sawah Jebol Akibat Hujan Deras

Irigasi Sawah Jebol Akibat Hujan Deras

KORDANEWS- Tingginya intensitas hujan dalam sepekan terakhir membuat dinding irigasi saluran air d idaerah irigasi air Malus Batu Pepe, Kelurahan Petanang Ilir, Kecamatan Lubuklinggau Utara I yang berada antara BM 0 ke BM 1 jebol sepanjang 20 meter jebol.

Akibatnya 70 hektare sawah dalam sepekan terakhir tidak bisa terairi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lubuklinggau, Anwar Sadad menerangkan jebolnya dinding irigasi tersebut sempat membuat air tidak mengalir selama 24 jam.

Hanya saja tidak sampai berdampak dan mempengaruhi kondisi sawah yang saat itu tengah dalam masa tanam.

“Kalau jebol waktu hujan deras sekitar lebih satu minggu lalu. Tapi sudah diperbaiki oleh warga dan air sudah kembali mengalir. warga memperbaikinya dengan memberi penahan batu dan disis tebih dipasang papan yang dipaku biar tidak jatuh,” terangnya.

Untuk itu pihaknya minta maaf karena dinding irigasi yang sempat jebol tersebut tidak bisa di perbaiki dalam waktu dekat.

Karena kata dia, dinas PU baru akan mengalokasinnya dan memperbaikinya pada tahun 2017 mendatang.

Lantaran untuk saat ini, pihak pengairan PU belum memiliki anggaran.

Sehingga untuk sementara perbaikan dinding yang sempat jebol itu sifatnya darurat dengan menggunakan dinding papan sebagai penahannya.

“Kita berupaya bukan hanya mengandalkan anggaran saja tapi kita akan mencari sumber pendaan lain sebagai alternatifnya ,” ungkapnya

Selain daerah irigasi Malus. Sadad mengungkapkan terdapat daerah irigasi (DI) lainnya yang tersebar disejumah daerah.

yakni meliputi di Lubuk Tanjung terdapat dua DI, wilayah Kelurahan Kayu Ara terdapat satu DI dan di Petanang terdapat dua Dua.”Kondisinya saat ini masih dalam keadaan baik,” pungkasnya.

 

 

 

editor  : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here