Home Budaya Berita Hoax Ancam Persatuan Bangsa

Berita Hoax Ancam Persatuan Bangsa

IST

KORDANEWS – Meski tengah diperangi oleh seluruh lapisan masyarakat, menyebaran berita bohong atau hoax melalui media sosial masih saja belum terbendung.

Pemerhati perempuan dan anak Deisti Novanto mengatakan seluruh komponen bangsa harus mewaspadai berita “hoax” atau tak benar karena dapat mengancam persatuan bangsa.

“Berita hoax saat ini sudah menjadi virus di Indonesia yang dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa. Seluruh komponen bangsa harus mewaspadai virus hoax yang dapat mengancam persatuan bangsa,” ujar Deisti di Jakarta, Senin.

Dikutip dari ANTARA, Deisti juga mengimbau insan pers di Tanah Air untuk membahas mengenai isu “hoax” itu, karena jika dibiarkan akan melemahkan dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pers di Tanah Air sudah jauh lebih maju di era pemerintahan sebelum-sebelumnya. Pembredelan pers, sudah tidak ada lagi seperti terjadi di masa lalu. Namun demikian, profesionalisme insan pers harus tetap dijunjung tinggi,” katanya.

Meski demikian, ia tak memungkiri jika pers menjadi satu sektor bisnis. Namun idealisme jurnalistik jangan sampai larut dalam ukuran-ukuran bisnis.

“Pers yang sehat adalah pers yang mengedepankan idealisme di tengah realita Pers sebagai bisnis informasi. Idealisme Pers tentunya dijalankan dalam tuntunan kode etik jurnalis,” tegas dia.

Dia berharap melalui Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Maluku pada 9 Februari, dapat menjadi momentum penguatan persatuan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, Deisti yang juga Ketua Ikatan Istri Partai Golkar itu menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan bakti sosial di Dusun Bakung , Sukasada dan Tegal Sumaga, Tejakula, di Kabupaten Buleleng dan Singaraja, Bali.

Pada baksos itu, pihaknya menyebarkan sekitar 1.000 kartu komunitas kepada setiap anggota komunitas yang mendapat bantuan, yang menandai kepesertaan sebagai komunitas besar IIPG. Kartu Komunitas juga dimaksudkan sebagai fasilitas komunitas dalam mengakses program-program IIPG.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here