Home Headline Jadi Penyerap Anggaran Terbesar, Kinerja Dinas PUBM-TR Diharapkan Benahi Lebih Baik

Jadi Penyerap Anggaran Terbesar, Kinerja Dinas PUBM-TR Diharapkan Benahi Lebih Baik

KORDANEWS – Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan menggelar rapat teknis membahas tentang anggaran dan persoalan tahun 2017, di Operation Room Gedung Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi, Senin (13/2).

Kepala Dinas PU Bina Marga H Syamsul Bahri mengatakan, PU Bina Marga setelah nomenklatur ditambah dengan bidang tata ruang. Oleh karena itu, perlu ada penyampaian dan sosialisasi kepada institusi terkait bahwa Tata Ruang sudah bergabung dengan PU Bina Marga.

Seperti tertulis didalam Undang-Undang no 26 Tahun 2007 bahwa Tata Ruang adalah wilayah yang strategis dari Kabupaten dan Kota.

“Sedangkan Tata Ruang di Provinsi ini baru selesai tahun 2016, jadi di kita harus perlu penyampaian juga mensosialiskan, bahwa proyek startegis masuk ke Tata Ruang,” ungkapnya.

Proyek strategis, ujar Syamsul, termasuk diantaranya infrastruktur pendukung Asian Games 2018 seperti Jembatan Musi IV dan Musi IV.

“Semuanya masuk di pola tata ruang. Kalau untuk Kabupaten/Kota tergantung proyek apa yang dikerjakan,” jelasnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Joko Imam Sentosa mengatakan, dinas merupakan unsur pelaksana yang dimana unsur pelaksana adalah tangan kanan Gubernur, Bupati/Walikota, sebagai unsur pelaksana tugas-tugas lini memang kewenangannya menjadi lebih besar.

“Mengenai tata ruang itu sendiri hampir semua berkaitan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebab itu tata kelola ruang menyangkut aspek-aspek seperti lingkungan, demografi, topografi, dan biografi, “katanya.

Diungkapkan Joko, Dinas PU Bina Marga adalah Dinas PU yang paling strategis dari tiga Dinas PU, sebab poros pekerjaan umum itu ada di bina marga apalagi ditambah dengan kelola tata ruang. Sudah pasti apa yang dikerjakan itu merupakan potensi yang sangat luar biasa.

“APBN dan APBD yang paling besar menyerap dana adalah PU Bina Marga oleh karenanya dengan menyikapi kondisi yang sedang tidak menentu ini, rapat teknis ini menjadi strategis dan sangat penting dilakukan sehingga tercipta persamaan persepsi dalam pengembangan pembangunan di Sumsel, “ungkapnya

Oleh karena itu Joko beharap dengan pengembangan tugas baru Tata Ruang dapat lebih baik dalam menatap Prov. Sumsel jauh, “Saya yakin kalau dengan semangat bersama, melalui rapat strategis ini, diharapkan kedepanya melakukan inovasi, “tandasnya.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here