Korem Gapo Ajak Masyarakat Cegah Karhutla Dan Tingkatkan Hasil Tani


Guna mewujudkan hasil pertanian yang maksimal di wilayah Sumatera Selatan, jajaran Korem 044/Gapo mendatangi masyarakat di Desa Glebek dalam Kec. Banyuasin I Kab. Banyuasin melakukan penyemaian Bios 44 untuk memberikan kesuburan bagi lahan pertanian dan menghibau cegah kebakaran lahan, terutama menyambut kegiatan Asian Games 2018 mendatang.

Dalam sambutannya Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo,selasa (21/03/2017) mengatakan BIOS 44 adalah hasil inovasi Korem 044/Gapo yang ramah lingkungan kerena merupakan gabungan mikroorganisme bila ditebarkan dilahan gambut, sehingga dapat mencegah kebakaran. Lalu kemudian jika ditebarkan di lahan pertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif karena terjaga oleh ekosistemnya.

Harapannya, kedepan disampaikannya melalui penggunakan Bios ini akan semakin banyak lahan yang subur dan harapan swasembada panagn bagi Sumsel bisa terwujud, Bios juga bisa digunakan untuk mencegah kebakaran lahan yang selama ini terjadi di Sumsel.

“Kita datang ke Desa Glebek Dalam ini menindaklanjuti upaya bersama meningkatkan hasil yang maksimal untuk pengembangan hasil pertanian dengan menggunakan Bios 44 hasil temuan Korem 044/Gapo, itu juga untuk keberlanjutan lahan hingga keturunan selanjutnya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pemberian BIOS 44 pada lahan sawah pertanian maupun kolam ikan bermaksud untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengolah lahan pertanian dan perikanan serta membantu menjaga ekosistem lingkungan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

“Kegiatan penebaran BIOS 44 ini merupakan upaya TNI khususnya Korem 044/Gapo dalam membantu tugas Pemda dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang selalu manunggal dengan rakyat,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut jajaran KOrem juga diberikan bantuan pakai handtraktor untuk pemeliharaan lahan sawah.

Pada kesempatan yang sama Kades Desa Glebek Dalam Hendri Sani, menyabut baik upaya pencegahan kebekaran lahan yang telah dilakukan selama ini, kegiatan sengaja dilaksanakan dilokasi yg strategis agar dengan mudah dapat diketahui oleh masyarakat setempat menegani Bios 44 tersebut, selain telah digunakan untuk pencegahan kebakaran lahan seperti yang diharapkan oleh pemerintah Sumsel , juga bermanfaat buat pertanian dan perikanan.

“Disini kita siapkan lahan dengan luas 1 hektar, sebagai lahan percontohan, kita harapkan bisa berhasil dengan baik,”urai singkatnya.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan