Home Ekonomi Pemprov Sumsel Terus Cari Solusi Terbaik Angkutan Batubara

Pemprov Sumsel Terus Cari Solusi Terbaik Angkutan Batubara

KORDANEWS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan hingga kini masih terus berupaya mencari solusi terkait keluhan masyarakat yang menolak angkutan batubara menggunakan jalan negara terutama di jalan Muaraenim-Palembang, hal itu karena mengganggu kenyamanan pengguna jalan, cepat merusak serta mebhayakan pengguna jalan.

Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki, usai membuka acara Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muaraenim, mengatakan bahwa pemerintah bukannnya abai tentang hal tersebut, namun pemerintah telah berusaha mencari solusi agar alternative lain bisa ditempuh.

Ia bahkan menapik anggapan yang menyebutkan kalau pemerintah lebih berpihak kepada kepentingan pengusaha ketimbang kepada masyarakat,menurutnya pemerintah tengah terus berupaya mencari solusi agar batubara bisa diangkut keluar dan masyarakat tidak terganggu.

“Kita telah membuat jalan bersama Servo dan membuat jalur kereta double track, itu merupakan upaya dari Pemrpov agar jalan lalu lintas untuk masyarakat tidak terganggu,” ungkapnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga membuat aturan mengenai jeda waktu kapan angkutan batubara diperbolehkan melintas dan kapan ia harus berhenti melintas di jalan umum.

“Kita akui memang sering mendapat laporan, namun sudah ada sinergi antara pihak kepolisian dan dinas perhubungan, dan larangan itu (larangan angkutan batubara melintas di siang hari –red) juga sudah disampaikan, tinggal aparat yang akan menyikapi,” lanjutnya.

Ke depan, masih kata Ishak, pihaknya akan terus membenahi dan mencari solusi terkait permasalahan mengenai angkutan batubara.

“Kita mencari solusi bagaimana jalur sungai dapat diberdayakan, jalan kereta bisa dibuat dan menyediakan jalur khusus angkutan batubara,” urainya.

Seperti diketahui akibat angkutan batubara di jalan negara, banyak terjadi kecelakaan lalulintas, jalan hancur, kemacetan, hingga debu batubara yang dapat menyebabkab penyakit ISPA. Selain itu, banyaknya juga angkutan batubara yang berkendara ungal-ugalan sehingga berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here