Home Ekonomi China Dapat Lebih Banyak Investasi Dari Saudi, Jokowi Kecewa

China Dapat Lebih Banyak Investasi Dari Saudi, Jokowi Kecewa

KORDANEWS – Presiden RI Joko Widodo menceritakan kekecewaannya kepada Raja Arab, yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Indonesia. Jokowi telah melayani dengan baik ketika rombongan Raja Arab beserta pangeran, demi ‘ucapan terima kasih’ telah berinvestasi ke Indonesia sebesar Rp89 triliun.

Namun, setelah dia mengetahui bahwa investasi Arab Saudi lebih besar saat berkunjung ke China, di situ dia merasa kecewa. Pasalnya, saat itu dia telah memayungi dan menjadi supir pribadi Raja Salman. Namun, Jokowi mengatakan curhatnya tersebut tidak sepenuhnya serius.

“Itu kan kita sampaikan dalam forum yang santai dan cair guyonan. Tetapi memang investasi di Tiongkok lebih besar, dan itu harus jadi introspeksi kita, jadi koreksi kita, mengapa kita enggak bisa meraih dengan jumlah lebih,” kata dia di Jakarta, Sabtu (15/4/2017), dilaporkan Okezone.

Menurutnya, salah satu hal yang menjadi concern-nya adalah lantaran ease of doing business alias kemudahan melakukan bisnis di Indonesia saat ini masih berada di urutan 91. “Kemudian masalah kepastian hukum yang mungkin mesti masih diperbaiki,” katanya.

“Hal-hal yang ini saya kira kritik dan introspeksi untuk diri kita sendiri, kalau misalnya kita dah siap. Wong investasi kita gede-gede kok. Kalau ada keyakinan, pasti akan lebih di tempat kita dibandingkan negara lain,” tukas dia.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here