Home Sumsel Jangan Ngaku Penggemar Ikan Cupang Kalo Ga Baca Ini

Jangan Ngaku Penggemar Ikan Cupang Kalo Ga Baca Ini

KORDANEWS -Sebagai bentuk memberikan pelayanan kepada komunitas ikan Cupang serta para peternak dan pecinta ikan cupang, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas II Palembang, Sumatera Selatan, mengadakan kontes Ikan cupang atau yang dikenal dengan ikan Tempalo di provinsi Sumsel tersebut.

Kepala BKIPM Giri Pratikno mengatakan diadakanya kontes ikan yang dikenal dengan warnanya yang menarik dan ketangguhanya saat di pertemukan dengan ikan cupang lainya, untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa jenis ikan cupang ini merupakan salah satu ikan yang banyak di minati oleh para pecinta ikan hias.

“Masih dalam mengusung bulan Bhakti Karantina dengan gerakan Gemasatukata, diadakanya kontes ikan cupang ini karena di Sumsel ikan ini lagi buming. Setiap harinya ada sekitar 50sertifikat yang di keluarkan untuk pengiriman ikan cupang ini”,ujarnya. Minggu (7/5).

Kontes yang baru pertama kali di adakan BKIPM Sumsel ini, juga bertujuan untuk membantu komunitas ataupun peternak ikan cupang untuk bisa meningkatkan pamor ikan cupang yang berasal dari provinsi ini agar lebih dikenal kwalitasnya dan tidak kalah dari daerah daereah lain.

“Kontes cupang ini adalah tahun pertama, jadi berbagai tipe lomba dilombakan di sini dan lagi jurinya dari independen asosiasi ikan yang tentunya telah memiliki sertifikat khusus atau memang telah di akui untuk menjadi juri. Kami juga bangga sekali kepada teman teman di sumsel kontes cupang banyak yang mengikuti kontes ini menunjukan ikan ikan andalan atau unggulan mereka. Serta saya harapkan kontes ini dapat membantu kelancaran dalam konteks secara ekonomi selain keindahannya”, tukasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kontes Ikan Cupang Erik mengatakan mengatakan, untuk kontes ini tergolong banyak di minati peserta mulai dari dalam provinsi Sumsel ataupun dari luar provinsi Sumsel seperti ada yang berasal dari Provinsi DIY Jogjakarta dan Provinsi Bangka Belitung . “Peserta ada 34 orang dari tiap-tial Komunitas dari 8 Provinsi termasuk Sumsel, dengan jumlah 201 ekor ikan, yang terdiri dari 5 jenis lomba dan 20 kategori kelas yang di perlombaan”, katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Erik, untuk penilaian kontes ikan cupang di lihat dari proporsiaonal ikan, kelengkapan tubuh, dan keseimbangan warna serta kelincahan gerakan atau keanggunan gerakan ikan. “Untuk hadiahnya ada uang pemibnaan, penghargaan, tropy yang di berikan kepada pemenang. Mudah mudahan di tahun depan kita adakan yang kwalitasnya standar nasional atau pun kalau bisa kita juga adakan yang standar internasionalnya dengan mengundang pecinta ikan ini dari negara-negara tetangga”, Harapnya.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here