Home Health Kentut Saat Haid Wajar Atau Tidak?

Kentut Saat Haid Wajar Atau Tidak?

KORDANEWS- Selain nyeri pinggang, salah satu kondisi lain yang kerap dialami wanita saat haid adalah menjadi sering kentut. Wajarkah jika terjadi hal yang demikian?

Tak perlu dikhawatirkan berlebihan. Nyatanya, tak sedikit wanita yang juga mengalami hal tersebut. Menurut spesialis kandungan dan kebidanan Jennifer Ashton, peningkatan frekuensi kentut saat haid merupakan hal yang umum terjadi. Penyebabnya kemungkinan karena faktor hormonal atau anatomis.

Dari segi faktor hormonal, Susan Wysocki, dari American Sexual Health Association menjelaskan bahwa terdapat fase perubahan dua jenis hormon saat haid: estrogen dan progesteron.

Menurut Wysocki, estrogen dominan saat sejak dimulainya siklus haid hingga ovulasi. Setelah ovulasi, hormon yang dominan adalah progesteron. Perubahan kadar kedua hormon selama haid tak cuma memengaruhi masalah emosi, tapi juga berpengaruh pada sistem pencernaan Anda.

“Saluran pencernaan memiliki reseptor progesteron, yang dapat menyebabkan relaksasi atau kontraksi pada usus, bergantung pada tingkatnya. Maka dari itu, wanita seringkali mengalami masalah pencernaan saat haid, termasuk sering kentut, diare atau masalah buang air besar,” kata Ashton.

Dari segi anatomis, sering kentut saat haid terjadi karena posisi rahim yang berada tepat di depan usus. Beberapa ahli menduga kondisi ini memicu kontak langsung dengan kontraksi uterus mikroskopis. Akibatnya, usus besar terpacu untuk lebih aktif dan membuat Anda lebih sering kentut.

Meski dianggap sesuatu yang wajar, jika hal ini terasa mengganggu Anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana: minum banyak air dan meningkatkan asupan serat. Demikian dikutip dari Women’s Health Mag.

editor : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here