Home Ekonomi Target Penerimaan Pajak Semester I Meleset

Target Penerimaan Pajak Semester I Meleset

KORDANEWS – Hingga mendekati akhir Semester pertama tahun 2017, penerimaan pajak masih jauh dari harapan. Sejauh ini realisasi penerimaan baru 30,87 persen dari target.

Kepala Kantor DJP Sumsel dan Babel M Ismiransyah M Zain mengatakan, sampai akhir semester pertama idealnya penerimaan pajak sudah mencapai 45 persen dari target Rp15,9 triliun.

“Meski penerimaan belum memuaskan, namun tingkat kepatuhan wajib pajak justru menigkat menjadi 113 persen,” katanya, kemarin.

Pada tahun ini, Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel memperoleh target penerimaan pajak sebesar Rp 15,90 triliun. Dengan demikian, Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel harus tumbuh sebesar 31% dari realisasi penerimaan tahun 2016 atau tumbuh sebesar 42% dari realisasi penerimaan tahun 2016 diluar penerimaan dari program Tax Amnesty.

“Ini merupakan tantangan yang perlu upaya keras bagi Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel. Perolehan uang tebusan atas program Tax Amnesty sebesar Rp 1,08 triliun selama 3 periode dengan jumlah Surat Pernyataan Harta (SPH) sebesar 29.476 SPH,” katanya.

Realisasi penerimaan pajak dari Januari hingga tanggal 19 Juni 2017 sebesar baru Rp 4,83 triliun mengalami pertumbuhan positif sebesar 16,90% dari periode yang sama tahun lalu.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here