Home Ekonomi Ekspor Karet Alam Bakal Dipangkas Lagi

Ekspor Karet Alam Bakal Dipangkas Lagi

KORDANEWS – Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu daerah produsen karet alam yang berkontribusi cukup besar untuk nasional, kalaupun nantinya rencana pemangkasan ekspor kembali diberlakukan.

“Kami perkirakan tidak akan jauh berbeda, masih berkisar 30 persen,” kata Alex K Eddy, Ketua Gapkindo Sumsel.

Alex menjelaskan, seperti yang diketahui kebijakan serupa pernah diterapkan, dimana Tiga negara anggota ITRC ( International Tripartite Rubber Council ) sepakat untuk memangkas ekspor tahun lalu. Tiga negara tersebut yaitu Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

“Pertemuan tiga negara ini pernah berjalan dan akan ada pertemuan kembali di awal Agustus. Kalau ada pengurangan pasti bersifat nasional dan proposional. Jadi dari angka mungkin berkurang tapi dari presentasi tidak berubah. Pengalaman kalau ada kesepakatan pengaturan ekspor harga akan bergerak naik, cuma sulit diprediksi berapa besar dan berapa lama bertahan,” katanya.

Dari catatan Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Sumsel, kontribusi untuk nasional berkisar 30 persen atau sekitar 1 juta ton, dari produksi nasional yang mencapai 3,2 juta ton.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here