Home Ekonomi Bapenda Sumsel-BP Batam MoU Layanan Pusat Data

Bapenda Sumsel-BP Batam MoU Layanan Pusat Data

KORDANEWS – Untuk memanfaatkan layanan pusat data, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam).

Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, H Marwan Fansuri SSos MM saat dihubungi, Kamis (20/7) mengatakan, pada tahun ini pihaknya mengadakan MoU atau kerjasama dengan BP Batam untuk memanfaatkan layanan pusat data.

MoU tersebut dilakukan sebagai landasan para pihak dalam memanfatkan layanan pusat data milik pihak pertama (BP Batam) sebagai Pusat Pemulihan Data.

“Jadi tujuan MoU ini untuk mensinergikan fungsi dan peranan para pihak dalam rangka pemanfaatan pusat data dan pusat pemulihan data,” ujar Marwan.

Marwan menjelaskan, prinsip kerja sama atau MoU ini akan dilaksanakan berlandaskan prinsip-prinsip kerja sama, keterbukaan informasi Publik, transparansi dan anti korupsi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Pengamanan data server Bapenda khususnya data rahasia pemilik kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat dan data non samsat sehingga dengan kerjasama ini data samsat Bapenda Provinsi Sumsel dapat dijamin kerahasiaan objek pajak dan subjek pajak dan data keuangan pajak Bapenda serta layanan IT Bapenda kedepannya terdepan dalam sistem pengelolaan data layanan samsat yang lebih canggih dan keamanan data,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi BP Batam, Kolonel Laut Yuda Gunadi SE mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Bapenda Provinsi Sumsel yang telah mempercayakan pihaknya untuk mengelola dan membackup data Samsat Provinsi Sumsel.

“BP Batam dapat menjaga sesuai tupoksi kami di BP Batam dan tarif BP batam lebih murah dari pihak swasta karena milik negara dan kami menjamin 99.99 persen menjamin network up dan system up Bapenda Provinsi Sumsel yang kami jaga di Pusat Teknologi informasi BP Batam dan beberapa kementerian juga telah bekerjasama dengan kita BP Batam,” kata Yuda.(Ab)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here