Home Sumsel Ogan Ilir Diminta Jamin Karhutlah Sejak Dini

Ogan Ilir Diminta Jamin Karhutlah Sejak Dini

KORDANEWS – Faktor utama penyebab kabakaran hutan adalah kesengajaan manusia dan pembodohan manusia. Faktor alam tidak signifikan terhadap karhutla. Pernyataan tegas ini disampaikan oleh Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf.Kunto Arif Wibowo, S.Ip pada Rapat koordinasi khusus Karhutla di Kabupaten Ogan Ilir, Jum’at (28/7).

Rapat yang berlangsung di komplek kantor bupati ogan ilir dibuka oleh Bupati Ogan Ilir dihadiri FKPD OI , OPD Camat dan Kepala Desa. Tampak hadir juga pejabat Pemprov Sumsel antara lain staf Khusus Gubernur Bidang Perikliman Dr. Najib Asmani kepala BNPBD Sumsel dan Kepala Dinas Kominfo Sumsel Dr.Farhat Syukri.

Dalam paparannya Danrem meminta kepada semua pihak yang melakukan pembakaran hutan untuk segera menghentikan kebiasaannya sekarang ini juga. Danrem telah mengantongi data bukti akurat pelaku dan aktor intelektual dari pengusaha eks pejabat dan oknum kepala desa.

Setelah penandatanganan pakta integritas hari ini saya minta hentikan niat jahat membakar hutan. Jika masih tetap terjadi aparat akan bertindak tegas menangkap sandera dan tembak di tempat kepada pelaku baik itu pejabat, pengusaha siapapun terlibat.

Pada dasarnya kami tidak ingin menangkap dan menindak tegas petani atau pelaku. Karena itu kepada kepala desa dan semua yang hadir untuk menyosialisakan hasil rakor ini pungkasnya.

Perhelatan Asian Games sudah menjelang. Danrem berharap kegiatan akbar internasional ini jangan terganggu oleh karhutla karena itu telah ditetapkan tiga upaya pencegahan karhutla, yaitu:

1. Petugas terpadu dengan masyarakat.

2. Sinergitas peran Dinas

3. Tindakan tegas; tangkap, sandra, tembak ditempat.

Terkait peran dinas staf khusus Gubernur meminta semua kepala dinas berperan dan berkontribusi dalam mencegah karhutla sesuai tugas fungsinya

Dinas Kominfo diminta untuk menyampaikan rilis memberitakan upaya mencegah karhutlah bersama media massa cetak, elektronik maupun online atau melalui media yang dimiliki dinas kominfo provinsi kabupaten kota.

Rapat diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas para camat kepala desa disaksikan Danrem Bupati dan staf khusus Gubernur Bidang Perikliman.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here