BNI Salurkan KPR ke Sektor Non Fixed Income


KORDANEWS – PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kantor Wilayah Palembang mulai menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bagi masyarakat non fixed income atau berpenghasilan tidak tetap.

Pemimpin Konsumer Banking BNI Kantor Wilayah Palembang, AA Gede Putra mengatakan, selama ini penyaluran KPR di sektor non fixed income untuk kepemilikkan rumah bersubsidi memang belum banyak dilakukan perbankan. Padahal, potensi yang sector tersebut masih cukup besar.

“Alasanya tidak lain karena resiko yang ada dinilai memang lebih besar dari pada sector masyarakat berpenghasilan tetap,” kata dia, disela-sela kegiatan pertemuan dengan sejumlah anggota Real Estat Indonesia (REI) Sumsel, Senin (14/8)

Oleh karena itu, sebagai upaya mitigasi dari program tersebut, pihaknya akan menggandeng developer khususnya yang bonafit. Jadi sifatnya lebih kepada langkah proteksi.

“Developer yang dimaksud yakni yang jelas asetnya, kemudian telah memenuhi syarat
seperti fasum, fasus, dan sebagainya,” katanya.

Dilanjutkan, sementara kreteria debitur sendiri lebih kepada masyarakat yang memiliki usaha dengan income berkesinambungan atau reguler. Dengan kata lain, masyarakat yang memiliki usaha yang bisa diverifikasi dari bank.

“Singkatnya, penghasilan (income) yang didapatkan dari debitur tersebut rutin setiap bulan,” katanya.

Editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan