Home Sumsel Pedagang Yang Kucing-kucingan Ditertibkan

Pedagang Yang Kucing-kucingan Ditertibkan

KORDANEWS – Sebagai bentuk tindakan tegas dalam rangka menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor I Tahun 2010 tentang tata kebersihan, ketertiban dan keindahan Kota, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Polisi Pamong Praja (Pol PP), Dinas Perhubungan, Polsek Kota, dan Dinas Perdagangan melakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima (PKL), Selasa,(5/9).

Penertiban yang berlangsung siang itu diantaranya dilakukan di kawasan Pasar Lematang Kota Lahat, walaupun selama ini PKL setempat kerap ditindak, namun masih ‘bandel’ dengan menggelar dagangan mereka secara kucing-kucingan.

Bahkan, petugas tepaksa memasang kawat berduri di lantai satu bangunan Pasar Lematang, tepatnya bawah anak tangga, yang kerap dijadikan sebagai lokasi berdagang oleh PKL. Mereka, sebagaimana rencana, akan dipindahkan atau dialihkan ke lantai dua

“Sebenarnya sudah sering dilakukan penertiban terhadap PKL di sini (Pasar Lematang, red). Namun masih saja mereka kucing-kucingan,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Fikriansyah melalui Kabid Pengelolaan Pasar, Abdul Hakim seraya menyesalkan.

“Ya, pelataran lantai satu Pasar Lematang ini harus steril dari para PKL. Mengingat, keberadaan mereka sangat mengganggu kenyamanan pengunjung pasar dan juga tidak menutup kemungkinan memberi peluang akan tindak kriminal pencopetan lantaran para pengunjung pasar harus berdesak-desakan saat melintas di pelataran lantai satu ini,” jelas Abdul Hakim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pol PP Heri Alkahfi melalui Kasi Operasional dan Pengendali, Feisal menandaskan, pasca penertiban pihaknya akan terus memantau keberadaan PKL di kawasan Pasar Lematang ini, diantaranya dengan menempatkan sejumlah petugas.

“Baik himbauan maupun peringatan sudah sering kita layangkan kepada para PKL. Bahkan tindak penertiban sudah kerap kita lakukan di sini. Makanya harus kita pantau terus pasca penertiban,” tegasnya. (Hasan)

Editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here