Home Ekonomi Tahun Depan Anggaran Dana Desa Naik

Tahun Depan Anggaran Dana Desa Naik

KORDANEWS – Anggaran dana desa direncanakan naik pada tahun depan oleh Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia (RI).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Yusnin, bahwa pada tahun depan dana desa kemungkinan akan naik dari tahun ini.

“Kemungkinan ada peningkatan untuk dana desa di tahun depan. Namun untuk nilainya kita masih belum tahu, namun kemungkinan akan naik,” ujar Yusnin.

Yusnin menjelaskan, untuk pencairan dana desa pada tahun depan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk pencairannya tidak ada yang berbeda yaitu tetap akan dicairkan dua tahap, tahap pertama sebesar 60 persen pada maret dan tahap kedua sebesar 40 persen pada agustus” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pencairan dana desa ini akan disalurkan melalui kas daerah dan dilanjutkan untuk disalurkan ke kas desa.

“Untuk tahun ini penerima dana desa ini sebanyak 2.859 desa dan rata-rata per desa menerima Rp720 juta,” ungkap Yusnin.

Yusnin menambahkan, untuk dana desa tahap pertama pada tahun ini sudah masuk ke kas daerah dan disalurkan ke kas desa. “Pihaknya optimis dana desa ini akan dipergunakan sebaik-baiknya,” katanya. (Ab)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here