Home Ekonomi Wow..Kerugian Akibat Maling Ikan Capai Rp 2.000 Triliun

Wow..Kerugian Akibat Maling Ikan Capai Rp 2.000 Triliun

KORDANEWS – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menceritakan pencurian ikan alias illegal fishing di Indonesia berlangsung cukup lama dan merugikan negara. Bahkan, menurut Susi, illegal fishing merugikan negara hingga ribuan triliun.

Hal ini disampaikan Susi saat berbicara dalam Seminar keberlanjutan sektor kelautan dan perikanan di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (16/9).

“Kita tidak akan menuju keberlanjutan perikanan tanpa melawan IUU fishing, kenapa harus dilakukan? Pencurian ikan telah merugikan Indonesia luar biasa, lebih dari Rp 2.000 triliun,” kata Susi.

“Survei 2013 menunjukan nilai tukar nelayan terus menurun, karena hidup nelayan sudah tidak menarik, pada 10 tahun yang sama 115 perusahaan pengelolaan ikan bangkrut, itu kerugian negara miliaran dolar, lalu 1-3 anak Indonesia juga tumbuhnya kontet atau stunting,” lanjut Susi.

Bukan itu saja, Susi juga menyebut ekspor ikan Indonesia nomor 3 di ASEAN, padahal garis pantainya panjang.

“Lalu laut Indonesia itu nomor 2 terpanjang di dunia, kita punya panjang garis pantai 97.000 km, namun ekspor Indonesia hanya menduduki nomor 3 saja di Asia Tenggara,” sambung dia.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here