Home Headline Alur Tengah Sungai Musi Ditutup, Kapal Besar Tak Boleh Lewat

Alur Tengah Sungai Musi Ditutup, Kapal Besar Tak Boleh Lewat

KORDANEWS—–Berdasarkan surat edaran Kepala Proyek Pembangunan Jembatan LRT Musi PT Waskita Karya (Persero) Tbk Nomor 189/WK/DIHI6029/2017, bahwa pada hari Selasa (26/9) akan ada penutupan alur tengah sungai Musi di Kota Palembang tempatnya di bawah jembatan Ampera.

Sekretaris Project Management Unit LRT Sumsel, Wahidin, mengatakan bahwa penutupan alur tersebut dikarenakan akan ada pengerjaan pemasangan girder tengah di LRT Zona Sungai Musi.

“Penutupan arus lalu lintas sungai ini sudah dibicarakan dengan pihak terkait. Mulai dari KSOP, hingga pengguna jasa kendaraan sungai. Lebih terkhusus bagi pengusaha atau pengangkut batu bara dengan kapal tongkang ukuran besar, ” katanya

Wahidin juga menyampaikan untuk penutupan tersebut akan dilaksanakan selama 7 jam, yakni dari pukul 10.00-17.00, Namun Hanya saja, apabila ditemukan kendala saat pelaksanaan, maka waktu penutupan bisa diatur (fleksibel)

“Kapal kecil bisa melintas di kanan dan kiri jembatan Ampera yang tidak ditutup. Tapi untuk kapal ukuran besar tidak diperbolehkan. Ini sudah disosialisasikan, sehingga diyakini tidak ada yang dirugikan,” tandasnya.

Lebih lanjut, untuk kendala yang ditemui saat ini, kata dia, yakni harus menutup jalur pelayaran karena bentang panjang 70 meter. Untuk itu ia sangat penyelesaiannya dapat selesai satu hari saja untuk pemasangan empat buah girder.

“Kita harus bekerja cepat supaya tidak menganggu arus pelayaran. Target kita pengerjaan diatas Sungai Musi bisa selesai satu minggu ini, karena tercatat saat ini presentase pengerjaan itu sudah mencapai sekitar 90 persen,” tukasnya.

Sementara itu, penangung jawab zona sungai Musi Janjang mengatakan untuk kronologi pengangkatan Girder di sungai Musi nanti akan dilakukan dimulai dari tepian sungai musi, dan lalu akan dibawah untuk dipasangkan.

” Nanti kita angkut barang seperti Grider di tepian sungai, lalu kita bawah untuk diangkat menggunakan crane, setelah itu akan dipasangkan menggunakan baut di setiap posisi, “ucapnya

Ia juga mengungkapkan untuk pemasangan Girder di sungai Musi, diperkirakan akan memakan waktu selama 3 jam.

“Mudah-mudahan pemasangan ini akan berjalan lancar dan secepatnya selesai dengan baik dan aman, “katanya

Untuk progres pembangunan di zona sungai Musi sendiri disampaikannya, telah mencapai 96% dan ditargetkan akan selesai di akhir Oktober ini.

“Tinggal 4% lagi pembangunan zona Musi akan selesai, terakhir kita akan lakukan pemasangan parapec juga pengecoran untuk di zona Musi, “tukasnya. (Ab)

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here