Home Ekonomi Mau Beli Saham Rokok ? Baiknya Baca Ini Dulu

Mau Beli Saham Rokok ? Baiknya Baca Ini Dulu

KORDANEWS – Memasuki paruh kedua tahun ini, perang kenaikan harga rokok di industri tembakau Indonesia mulai mereda seiring dengan keluarnya produk baru dengan harga yang bersaing.

Empat pemain besar di industri ini yang gencar mengeluarkan produk baru sejak pertengahan 2015 hingga 2016, perlahan menahan harga karena kenaikannya sudah terlalu tinggi.

Menurut PT Bahana Sekuritas, ada sejumlah hal yang menguntungkan industri tembakau pada tahun depan, yang juga masih disertai beberapa risiko yang patut dicermati.

Dalam rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau RAPBN 2018, terlihat rencana kenaikan cukai tidak akan setinggi tahun ini.

Bila pada tahun ini rata-rata kenaikan cuka rokok sekitar 10-11%, maka pada tahun depan kenaikan cukai bakal berada pada kisaran 7-9%.

“Dalam 5 tahun terakhir, rata-rata kenaikan cukai rokok lebih tinggi dari kenaikan inflasi, bila tahun depan kenaikan cukai rokok tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya, akan memberi dampak positif bagi industri rokok,” kata Analis Bahana Michael Setjoadi dalam keterangan tertulis, Jumat (13/10).

“Namun di sisi lain, pemerintah semakin ketat mengatur iklan rokok yang bisa tayang di televisi ataupun di tempat umum, ditambah lagi larangan merokok di tempat umum semakin digencarkan,” tambahnya.

Sehingga sekuritas milik negara ini memperkirakan volume penjualan rokok tahun depan masih akan mengalami kontraksi sekitar 1-1,5%, dibandingkan penjualan tahun ini yang diperkirakan turun sebesar 1,5%.

Volume produksi rokok diperkirakan akan mencapai 318,8 miliar batang pada tahun depan, naik dibandingkan perkiraan volume produksi tahun sekitar 315,6 miliar batang.

Dari empat pemain besar di industri tembakau Indonesia, Bahana merekomendasikan beli untuk saham PT Gudang Garam Tbk karena pada tahun depan diperkirakan daya beli masyarakat akan kembali pulih khususnya masyarakat menengah ke bawah yang pada umumnya adalah target pasar perusahaan yang berkode saham GGRM ini.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here