Home Headline Deru, Dodi dan Ishak Bersiang Ketat, Ini Datanya

Deru, Dodi dan Ishak Bersiang Ketat, Ini Datanya

KORDANEWS – Jelang Pimilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2018. Lembaga survei rutin mempublikasikan hasil olah lapangan mereka. Kali ini Indomatrik melakukan survei terhadap calon gubernur yang berpotensi untuk memperebutkan Sumsel 1 nantinya.

Direktur Eksekutif Indomatrix, Husin Yazid mengatakan, dari nama yang muncul ada delapan calon yang memiliki modal sosial tinggi. Yakni, Herman Deru, Dodi Reza, Ishak Mekki, Edy Santana, Aswari Rivai, HM Giri Ramandha dan Mawardi Yahya.

“Tapi berdasarkan keterkenalan dan kesukaan masyarakat, hanya tiga yang kandiat yang potensial, yakni Ishak Mekki kesukaan mencapai 51,56 persen, Herman Deru (50,48 persen dan Dodi Reza 50,17 persen,” kata kata Husin saat merilis hasil survey dalam dialog Pilkada di Hotel Amaris, Minggu (22/10).

Dari kacamata tren elektabikitas ketiga calon tersebut tidak jauh berbeda dan mengalami kenaikan. Dimana, figur Dodi mengalami trenmeningkat dari september 12,75 persen, dan Oktober meningkat tajam 15,75 persen. Sementara Herman Deru dan Ishak mengalami tren melambat. Masing-masing Ishak Mekki (13,85 persen-14,16 persen), Herman Deru (17,20-17,24 persen).

“Karena elektabilitas 3 besar ini masih dalam koridor margin of eror 3,5 persen. Artinya secara statistik tidak dapat disimpulkan calon yang unggul,” kata Husin.

Sedangkan dari tingkat keterkenalan HD 91,75 persen, Dodi Reza 87,58 persen, Ishak Mekki 93,75 persen, Edi Santana 90,67 persen, Aswari 83,54 , Giri Ramanda 69,65 persen dan Mawardi Yahya 67,65 persen.

Untuk meraih kemenangan bukan hanya startegi maupun adu program untuk memperbutkan pemilih yang mencapai 6 juta lebih nanti, namun masyarakat akan memilih melihat kepada pigur, karena sebagian besar pemilih memilih pigur yang diinginkan.

”Setiap calon akan mengerakkan mesin politik secara penuh untuk mengaet pemilih dan modal sosial,”kata dia.

Survei dilakukan pada Oktober, dengan jumlah responden 880 orang, yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Jumlah kelurahan/desa 182 jumlah RW 384 RT 384 dilakukan wawancara secara langsung dengan responden.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here