Home Ekonomi Jamkrindo Jamin Distributor Semen Baturaja

Jamkrindo Jamin Distributor Semen Baturaja

KORDANEWS – Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) cabang Palembang akan menjamin pembayaran dari distributor semen ke PT Semen Baturaja. Sinergi ini dalam rangka kelancaran proses distribusi semen dari produsen kepada distributor dan turut membantu pencapaian program pemerintah.

Pimpinan Wilayah II Jamkrindo, Wahyu Hidayatullah didampingi Kepala Cabang Jamkrindo Palembang, Heryanto Nugroho mengatakan, selama ini pola transaksi yang dilakukan antara distributor dan produsen semen masih didominasi dengan sistem cash, hal ini menjadi beban tersendiri bagi distributor.

“Dalam proses penjamian, kami akan mengeluarkan produk payment bond yang dapat dimanfaatkan distributor untuk diberikan kepada produsen maupun bank,” katanya.

Menurut dia, saat ini, bisnis semen khususnya di Sumsel sangat prospektif, seperti untuk kebutuhan properti dan infrastruktur, seiring dengan program pemerintah yang tengah fokus dalam pembangunan infrastruktur.

“Dengan jaminan ini juga kita berharap agar serapan semen dapat lebih cepat dan mepermudah distributor dalam hal permodalan,” katanya.

Terkait kinerja, hingga akhir November realisasi penjaminan kredit di Jamkrindo cabang Palembang mencapai Rp 3,89 triliun. Artinya, sudah 102% dari target yang ditentukan di tahun 2017 ini sebesar Rp 3,7 triliun. Dari nilai penjaminan tersebut, himpunan Imbal Jasa Penjaminan (IJP) sebesar Rp 68,84 miliar.

“Sementara untuk laba sendiri sudah terhimpun sekitar Rp 37 miliar dan dipastikan hingga akhir tahun melebihi target sebesar Rp 53 miliar, karena ada beberapa penjamian yang dalam proses realisasi,” katanya. Realisasi penjaminan tersebut ditopang dari

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here