Home Ekonomi Jatah Dana Desa di Sumsel Tahun Depan Rp 2,30 Triliun

Jatah Dana Desa di Sumsel Tahun Depan Rp 2,30 Triliun

KORDANEWS – Direktorat Jenderal Perbendaharaan Wilayah Sumsel mencatat, anggaran Dana Desa untuk Sumatera Selatan di tahun 2018 meningkat tipis sekitar 2% dibandingkan tahun ini.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendahaan Sumsel, Sudarso mengatakan, anggaran Dana Desa yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk 2.859 desa di Sumsel tahun depan sebesar Rp 2,30 triliun, atau mengalami peningkatan sekitar Rp 42,13 miliar dari tahun ini yakni Rp 2,26 triliun.

“Ya, naiknya tidak terlalu besar” katanya, Selasa (5/12).

Adapun kabupaten/kota yang mengalami peningkatan terbesar kucuran Dana Desa ini diantaranya, Prabumulih Rp 16,50 miliar naik 29%, Muratara Rp 82,58 miliar atau naik 21%, dan Musi Rawas sebesar Rp 166,13 miliar meningkat 13%.

Pada kucuran Dana Desa tahun depan, ada beberapa perubahan formula perhitungan untuk menentukan besaran alokasi yang dilakukan Ditjen Keuangan. Sehingga, ada daerah yang justru mengalami penurunan penerimaan.

“Selain itu, ada juga dikarenakan beberapa desa yang telah berubah menjadi kelurahan. Akibatnya tidak dialokasikan lagi Dana Desa nya,” katanya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here