Home Headline Daerah Ini Dinilai Layak Mekar Jadi Kabupaten Baru di Sumsel

Daerah Ini Dinilai Layak Mekar Jadi Kabupaten Baru di Sumsel

ist

KORDANEWS – Komisi I DPRD Sumsel menilai Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim sudah layak untuk menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), karena geografis wilayah Gelumbang sudah strategis untuk dimekarkan.

“Berdasarkan geografis Kecamatan Gelumbang sudah sangat layak untuk menjadi kabupaten baru,”kata Wakil Ketua komisi I DPRD Sumsel, Husni Thamrin.

Dikatakan Husni, berdasarkan aturan yang ada Gelumbang sudah sangat layak menjadi kabupaten baru, dengan perbatasan banyak kabupaten /kota yang ada.

”Wilayah Gelumbang ini berbatasan dengan banyak daerah seperti Ogan Ilir, Pali, Prabumulih dan Musi Banyuasin,”ujar dia.

Dengan menjadi otonomi daerah baru, maka masalah masyarakat Gelumbang yang selama ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk ke Muara Enim untuk mengurus administrasi kependudukan seperti membuat kartu keluarga (kk), KTP dan sebagainya dapat terpecahkan.

“Dengan dimekarkan masyarakat Gelumbang tidak perlu lagi ke mMara Enim yang jaraknya cukup jauh, namun cukup di Gelumbang saja,”ujar dia

Selain itu dari segi ke pendudukan Gelumbang sudah sangat layak menjadi kabupaten, dengan menjadi kabupaten gelumbang dapat lebih maju dan sejahtera lagi.

“Tentu pelayanan publik akan lebih mudah, kemudian dari segi pendidikan, kesehatan, Infrastruktur dan lainnya Gelumbang akan lebih maju dan dapat bersaing dengan kabupaten lainnya,”kata politisi Demokrat ini.

Setelah melakukan konsultasi dengan kementerian dalam negeri dan meninjau langsung lokasi Gelumbang maka Pihkanya akan memberikan laporan kepada pimpinan DPRD Sumsel agar Gelumbang segara menjadi kabupaten baru.

Anggota Komisi I DPRD Smsel, Linda Syaropi menjelaskan sangat mendukung jika Gelumbang menjadi kabupaten baru karena dengan itu maka Gelumbang akan lebih maju.

”Pemerataan pembangunan akan dirasakan langsung oleh masyarakat begitu juga dengan pelayanan publik akan lebih masimal,”ujar Linda.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here