Home Headline Dapat Nomor 4, Dodi-Giri Siap Mengulang Sejarah 2013

Dapat Nomor 4, Dodi-Giri Siap Mengulang Sejarah 2013

KORDANEWS – Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel periode 2018-2023 selesai dilakukan, Selasa (13/2) di Novotel Palembang.

Pasangan muda, Dodi Reza Alex- Giri Ramandha N Kiemas, berhasil mendapatkan urut nomor 4 dari 4 paslon yang maju di Pilgib nanti.

Bagi Dodi yang juga Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tersebut, angka 4 yang mereka dapatkan sangat istimewa. Meski banyak yang menganggapnya sebagai nomor terakhir namun hal tersebut tidak berlaku bagi pasangan Dodi-Giri.

Sebaliknya nomor ini diyakini membawa hoki alias keberuntungan. Dia bahkan sangat yakin angka 4 ini akan membawanya mengulang kemenangan seperti yang sudah dilakukan sang ayah Alex Noerdin yang memenangkan Pilgub pada 2013 silam dengan bermodalkan nomor urut paslon yang sama yakni 4.

Seperti diketahui, pada Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan tahun 2013 silam, pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Ishak Mekki juga mendapatkan nomor paslon 4. Adapun nomor urut paslon saat itu adalah pasangan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) mendapat nomor 1. Pasangan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir dapat nomor 2. Pasangan Herman Deru-Maphilinda Syahrial Oesman (Derma) mendapat nomor 3. Kemudian pasangan calon Alex Noerdin-Ishak Mekki mendapat nomor urut 4.

Kala itu, usai Pilkada Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada Rabu, 11 September 2013. Setelah digabungkan antara hasil PSU dan tabungan suara masing-masing kandidat melalui pemilihan 6 Juni lalu di 11 kabupaten dan kota yang tidak melakukan PSU, maka pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki berhasil meraih suara terbanyak.

Hasil rekapitulasi total suara menunjukkan pasangan Alex-Ishak memperoleh 1.447.799 suara. Peraih suara terbanyak kedua adalah pasangan Herman Deru-Maphilinda Boer dengan raihan 1.389.169 suara. Peraih suara terbanyak ketiga dan keempat adalah Eddy Santana Putra-Anisja Suprianto dengan 507.149, serta Iskandar Hassan-Hafisz Tohir dengan memperoleh 341.278 suara.

Dari data tersebut dipastikan pasangan Alex-Ishak unggul sekitar 58.630 suara atas pasangan lain.

Berkaca dari data itu pula, pasangan ini makin mantap memenangi pertarungan ini. Mereka bahkan optimis mampu mengulang krmbali sejarah yang sudah diukir sang ayah.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan, pada Pilkada serentak 2018 di Sumsel, ada 9 kabupaten dan kota serta 1 provinsi yang melakukan pemilihan.

“Semoga Pilkada 2018 khususnya di Sumsel sukses dan dapat mewujudkan pemimpin yang membawa kesejahteraan dan kemakmuran,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin berharap Pilkada di Sumsel bisa berjalan damai dan aman. Hal ini tak lain untuk menjaga nama baik Sumsel yang sudah terlanjur terkenal sebagai provinsi yang zero conflict.

Terlebih dalam waktu dekat Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games yang akan didatangi banyak tamu dari luar negara.

“Kampanye-kampanye boleh, saing-saingan boleh tapi jangan sampai ada yang merusak,” katanya.

Selanjutnya usai mendapatkan nomor urut paslon, masing-masing pasangan calon langsug melakukan sosialisasi ke masyarakat dengan cara konvoi. Dimana masing-masing pasangan calon hanya boleh menyediakan 3 kendaraan saja untuk turun ke jalan dengan kawalan yang sudah disiapkan. Masing-masing paslon ini kemudian konvoi berkeliling kota secara beriringan sesuai nomor urut paslon yang sudah didapatkan.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here