Home Ekonomi Begini Strategi Marketing Zaman Now

Begini Strategi Marketing Zaman Now

KORDANEWS – Dunia marketing selalu bergerak dinamis, tingkat persaingan yang ketat membuat matketers harus piawai memilih pola pemasaran salah satunya dengan pemanfaatan teknologi.

Perkembangan zaman yang cepat melalui digital, berdampak kesemua aspek, tak terkecuali bisnis didalam bidang pemasaranya. Menghadapi tantangan untuk menjadi pemenang di era digital, setidaknya ada kunci yang harus dimiliki.

Melalui Idonesia Marketeers Festival 2018, Founder Murkplus Inc, Hermawan Kertajaya menjelaskan bagaimana perubahan marketing di era digital melalui konsep marketing Moving from Tradisional To Digital atau yang dikenal dengan Marketing 4.0.

Sejak di perkenalkan, konsep Marketing 4.0 ini merupakan pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan interaksi offline, antara perusahaan dengan pelanggan. Secara umum, Marketing 4.0 bisa dipahami seperti itu.

“Diera ekonomi digital, interaksi digital saja tidaklah cukup. Kenyataannya, justru di saat dunia online berkembang, sentuhan offline
menjadi titik diferensiasi yang kuat. Keduanya harus saling terintegrasi,” terangnya saat paparan singkat sebelum penyerahan Awarding kepada Insan Marketeers Of The Years & Public Service di Hotel Horison Ultima, Kamis (1/3).

Dalam hal ini, ia menegaskan, bahwa meski perkembangan digital begitu pesat, namun offline tetap ada. “Online tak sepenuhnya dapat mengantikan offline, karena itu diperlukan intergrasi diantara keduanya,” ungkap Hermawan.

Ia menjelaskan, sinergi antara online dan offline, juga perlu didukung
dengan mengintegrasikan antara style dan substance. Dimana merek tidak hanya mengedepankan branding bagus, tetapi juga konten yang relevan dengan pelanggan atau menyuguhkan konten yang bagus dengan kemasan yang up-to-date dan bagus.

Kemudian, pengembangan konektivitas machine-to-machine dan artificial
intelligence dalam rangka mendongkrak produktivitas. Tetapi, itu harus diimbangi dengan pengembangkan konektivitas human-to-human yang justru akan memperkuat customer engagement. Dalam artian singkat, pengembangan teknologi tidak berhenti pada teknologi itu sendiri, tapi bagaimana teknologi ini membantu merek dalam memanusiakan relasi dengan para pelanggannya.

Dalam pemaparannya, Hermawan juga memaparkan, soal bagaimana seorang
marketeers dapat memangkan pasar. Setidaknya ada 4 strategis atau aspek yang harus dimiliki, yaitu Kreatif (inovasi), Entrepreneurship, Produktif dan Profesional.

“Dari 4 aspek ini ada diantaranta, jika bertemu menjadi sebuah paradoks, seperti Entrepreneurship dan Profesional. Kemudian kreatif dan produktif,” ujarnya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here