Home Ekonomi Tingkatkan Mutu SMK TBSM, Astra Kumpulkan 120 Guru SMK

Tingkatkan Mutu SMK TBSM, Astra Kumpulkan 120 Guru SMK

KORDANEWS – Honda Bersama Astra Motor Sumsel menggelar Sarasehan yang bertempat di Hotel Horison, Palembang.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas standardisasi pengajar SMK TBSM (Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) di wilayah Sumatera bagian Selatan, dan diikuti 120 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah dari 60 SMK binaan AHM untuk wilayah Sumbagsel. (01/03).

Sarasehan ini dihadiri Markus Budiman Widihandojo selaku Director of HR, GA, IT & SI AHM, Ahmad Muhibbudin selaku Deputy Head of Corporate Communication Division, Saryadi selaku Kasubdit Penyelarasan Kejuruan & Kerjasama Industri DITPSMK – Depdikbud RI dan Herlina selaku Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sumatera Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali aspirasi dan potensi guna merumuskan masa depan SMK yang lebih baik dan semakin “link & match” dengan dunia usaha, terutama di wilayah Sumatera bagian selatan dengan mengangkat tema “Satu Hati Tingkatkan Kualitas SMK TBSM Astra Honda”.

Ronny Agustinus selaku Kepala Wilayah Astra Motor Sumsel mengatakan, bahwa selaku main dealer Honda, Astra Motor Sumsel juga sangat antusias melaksanakan program-program yang diusung AHM untuk meningkatkan kompetensi generasi muda di bidang otomotif.

“Berbagai program pun telah dilakukan AHM dan Astra Motor Sumsel mulai dari pelatihan, standardisasi kelengkapan alat praktik di SMK serta sertifikasi tenaga pengajar. Kami menyadari bahwa tenaga pengajar juga menjadi bagian penting untuk menghasilkan lulusan SMK yang siap kerja. Harapannya, diskusi dan sharing sarasehan ini menghasilkan referensi dalam mengembangkan standardisasi pengelolaan SMK TBSM Astra Honda untuk wilayah Sumatera bagian selatan,”katanya.

Lebih lanjut dikemukakannya, saat ini total SMK TBSM Astra Honda sudah mencapai 12 SMK yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan, yaitu ini SMKN 2 Palembang, SMK Utama Bakti Palembang, SMK Lingua Prima Indralaya, SMKN 1 Rambang Dangku Muara Enim, SMK Bukit Asam Tanjung Enim, SMKN 1 Lahat, SMKN 1 Empat Lawang, SMKN 4 Lubuk Linggau, SMKN 1 Bayung Lencir Muba, SMK Muhammadiyah Belitang OKU Timur, SMK Muhammadiyah Pagaralam dan SMKN 1 Penukal Kab. PALI.

Pada kesempatan ini AHM juga memberikan donasi berupa 2 unit sepeda motor Honda ke SMK Bukit Asam Tanjung Enim dan SMK Negeri 1 Empat Lawang. Pemberian 2 unit sepeda motor ini juga sebagai apresiasi ke SMK binaan Honda dan juga sebagai media pembelajaran bagi tenaga pengajar dan siswa/i di kedua SMK tersebut.

Menurutnya, berdasarkan data AHM, untuk wilayah Sumatera bagian selatan telah terdaftar 60 SMK TBSM Astra Honda dengan jumlah 18 SMK binaan di provinsi Jambi, 7 SMK di Bengkulu, 3 SMK di Bangka Belitung, Lampung 20 SMK dan Sumatera Selatan 12 SMK.

“Sejak 2010, AHM telah mengembangkan KTSM (Kurikulum Teknik Sepeda Motor) dan berkembang menjadi KTBSM (Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) di tahun 2018. Hal ini merupakan upaya Honda dan dan jaringannya untuk berkontribusi aktif mendukung peningkatan kompetensi generasi muda dibidang otomotif,” pungkasnya. (eh)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here