Home Advertorial Maksimalkan Peran Strategis RTRW di Palembang

Maksimalkan Peran Strategis RTRW di Palembang

ADVETORIAL

KORDANEWS – Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki peran strategis sebagai mitra Pemerintahan. Untuk itu, perlu ada sistem agar peran para garda terdepan pelayanan pemerintah tersebut dapat lebih maksimal.

Salah satunya adalah dengan aturan terkait jumlah Kepala Keluarga (KK) yang dinaungi oleh ketua RT dan jumlah RT yang dipimpin oleh ketua RW.

Penjabat Sementara (Pjs) Walikot Palembang, Akhmad Najib mengatakan, melalui Perda yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang tahun 2017, dapat menjadikan sistem pelayanan yang lebih maksimal dintingkat bawah.

“Melalui Perda ini, tidak hanya ketua RT/RW yang aktif, camat dan lurah juga harus lebih dekat dengan masyarakat. Kita tidak ingin lagi ada keterlambatan pelayanan seperti pencetakkan KTP-el,” katanya, usai sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 Tahun 2017 tentang RT/RW di Kecamatan Ilir Barat II, Rabu (14/3/18).

Menurutnya, melalui sosialisasi peran strategis ketua RT/RW sebagai mitra lurah dan camat, dapat membantu pemerintah dalam menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing, khususnya menjelang Pemilham Kepala Daerah (Pilkada) dan Asian Games.

“Sesuai janji Pemerintah dari tahun lalu, seiring meningkatnya beban kerja RT/RW, maka akan ditngkatkan juga insentifnya. Hal ini akan kita realisasikam dalam waktu dekat,” katanya.

Sementara Camat Ilir Barat (IB) II, Halim Mahmud mengatakan, ada 514 RT/RW yang diundang pada sosialisasi ini dan semuanya mendapat pembekalan terkait Perda yang akan mereka terapkan dalam memberikan pelayanan.

Halim mengatakan, melalui Perda ini, kedepan peran ketua RT/RW akan lebih efektif, salah satunya adalah satu RT bisa menaungi 100-200 KK.

“Kalo dulu satu RT 30 KK, sekarang diperluas lagi, termasuk jumlah RT yang dibawah RW,” katanya.

Dengan adanya pola perangkat RT/RW yang dibuat saat ini, maka tugas mereka sebagai penyambung antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan lebih maksimal dalam memberikan pelayanan.(Adv)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here