Home Headline Siaga! Stasiun Antariksa China Akan Jatuh di Indonesia 1-3 April Besok!

Siaga! Stasiun Antariksa China Akan Jatuh di Indonesia 1-3 April Besok!

KORDANEWS – Stasiun antariksa milik China, Tiangong-1 dikabarkan akan masuk ke lapisan atmosfer Bumi dalam beberapa hari lagi. Namun, hingga saat ini masih tidak diketahui di mana stasiun antariksa tersebut akan mendarat.

Baru-baru ini Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan informasi terbaru mengenai satelit tersebut. Mereka mengatakan jika Tiangong-1 sudah berada di ketinggian 700 kilometer.

Jika dibandingkan dengan minggu lalu, stasiun antariksa tersebut sudah turun 20 kilometer. Kala itu, Tiangong-1 masih ada di ketinggian 220 kilometer.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin memperkirakan bahwa sampah angkasa tersebut akan baru jatuh ke Bumi ketika sudah ada di ketinggian 120 kilometer. Ini berarti waktu dari kejatuhan tersebut sudah bisa diprediksi.

Akan tetapi, Thomas mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang harus dipastikan untuk menebak dengan pasti kapan benda antariksa ini akan jatuh. Hingga saat ini, keakuratan dari penentuan tanggal masih +/- 7 hari.

“Kecepatan jatuh objek antariksa bergantung pada kerapatan atmosfer. Sementara kerapatan atmosfer sendiri dipengaruhi aktivitas Matahari dan medan magnet Bumi,” tulis Thomas dalam akun Facebook pribadinya, dikutip dari Okezone.com

“Berdasarkan kondisi kerapatan atmosfer yang dipengaruhi aktivitas matahari saat ini, Tiangong-1 diprediksi akan jatuh sekitar 1-3 April 2018,” lanjutnya.

Akan tetapi, Thomas menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan Tiangong-1 akan hancur sebelum menyentuh Bumi.

“Dengan bobot 8,5 ton, Tiangong-1 akan hancur sebelum mendarat,” lanjutnya.

Sekedar informasi, beberapa pihak pengawas satelit luar angkasa juga sudah melakukan pemantauan terhadap stasiun antariksa Tiangong-1. Mereka memperkirakan jatuhnya satelit tersebut di beberapa lokasi, seperti China, Jepang, Amerika, dan lainnya.

Terakhir, Thomas mengingatkan jika LAPAN terus memantau prakiraan lintasan terakhir Tiangong-1. Informasi tentang kejatuhan Tiangong-1 bisa dibaca di blog pribadinya maupun situs LAPAN. (Okz)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here