Sah! KPU Muara Enim Tetapkan DPT, Jumlahnya Segini


KORDANEWS – KPU Kabupaten Muara Enim menetapkan jumlah DPT Kabupaten Muara Enim dengan jumlah 407.054 jiwa. Jumlah tersebut berkurang dari DPS HP yang sebelumnya berjumlah 407.539 jiwa. Namun angka tersebut mendapat catatan dari Panwaslu Kabupaten Muara Enim.

Ketua KPU Muara Enim, Rohani mengatakan jumlah DPT yang sudah di Plenokan, Kamis (19/4) berjumlah 407.054. Sebelumnya jumlah DPS berjumlah 405.302 dan DPSHP 407.539.

“Hal itu karena adanya perubahan dari data pemilih baru dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” ungkapnya, kemarin.

Lanjutnya, dalam pleno tersebut terbilang cukup alot karena tidak ada kecocokan data untuk Kecamatan Lawang Kidul dan Lembak.

“Dua kecamatan tersebut mendapat rekomendasi dari panwas untuk dilengkapi dengan data pendukung,” bebernya.

Dalam pleno kali ini, selain DPT dengan rincian 204.743 pemilih laki laki dan 202.311 pemilih perempuan. juga ditetapkan jumlah desa dan kelurahan ada 255 dan jumlah TPS ada 1.057.

“Data jumlah DPT inilah yang menjadi dasar untuk pencetakan surat suara nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Muara Enim, Suprayitno mengatakan ada perbaikan data dari DPSHP menjadi DPT dimana setidaknya ada 15 kecamatan. Dan ada dua kecamatan yang diberikan catatan khusus yakni Kecamatan Lawang Kidul dan Lembak.

Untuk TMS di Kecamatan Lawang Kidul ada di Desa Lingga dari 25 menjadi 1.014, sementara di Kecamatan Lembak ada empat desa yakni Desa Alai, Alai Selatan dan Kemang dimana dari 250 menjadi 325.

“Kami minta data pendukung atas jumlah tersebut kepada PPK yang harus mereka dapatkan pada besok sore. Entah nantinya mereka kroscek ke lapangan atau meminta pihak desa membawakan data tersebut,” terangnya.

Suprayitno menambahkan, berdasarkan aturan, DPT yang ditetapkan sudah final. “bila ada perubahan di kemudian hari maka dikatakan itu adalah DPT tambahan,” pungkasnya.(net)

Baca Juga :   5 Paslon Ini Ramaikan Bursa Pilkada Banyuasin

Editor : mahardika

Muaraenim pilkada politik

Posting Terkait

Tinggalkan pesan