10 Calon Senator Sudah Serahkan Syarat Dukungan


KORDANEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan, mencatat sudah ada 10 nama yang status dukungannya telah diterima sebagai calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) “Senator” RI,

“Sejak di buka pendaftaran pada 22 April lalu, hingga masa berakhir pada 26 April, sudah ada 10 nama yang mendaftar sebagai calon DPD RI Dapil Sumsel 2019,” kata komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi.

Kesepuluh nama tersebut, Ahmad Aminuddin, Amaliah, Darwin Azhar, Ahmad Dailami, Yusuf mekki, Hj lucianty, Misika Dasa Afrida, Taufik Rahman, Paku Alam, dan Charma Afrianto.

Ditambahkan Naafi, yang meminta akun ada 40 orang, yang submit 28 orang dan yang belum sama sekali upload data 5 orang.

Sementara Ketua KPU Sumsel Aspahani menyatakan, dari awal pembukaan penyerahan dukungan bagi calon anggota DPD, antusias masyarakat cukup tinggi. Meski begitu, masih banyak syarat yang perlu dilakukan perbaikan.

“Cukup banyak menyerahkan berkas dukungan, mekanismenya mereka harus mengisi diaplikasi sistem untuk DPD, yang akan ditutup pada 26 April pukul 24.00 Wib ,” katanya.

Komisioner bagian hukum KPU Sumsel Alexander Abdullah menerangkan, sesuai UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu syarat minimal dukungan harus sesuai dengan ketentuan pasal 183 yaitu untuk sumsel dengan jumlah daftar pemilih tetap 5jt-10jt minimal harus mengumpulkan dukungan 3000 pemilih.

Syarat minimal persebaran harus sesuai dengan pasal 183 UU Nomor 7 Tahun 2017 yakni 50 persen jumlah kabupaten/kota dan sampel sejumlah 10 persen dari dukungan di tiap kabupaten/kota yang diserahkan oleh bakal calon.

Alexander menambahkan penyerahan dokumen syarat dukungan Calon DPD RI akan diserahkan kepada KPU Sumsel 22 hingga 26 April 2018 mendatang.

“Setelah dukungannya dinyatakan memenuhi syarat calon DPD bisa mendaftar ke KPU Sumsel 9 Juli- 11 Juli mendatang,” katanya.

Baca Juga :   Grace Natalie Sebut Misi PSI di DPR Untuk Tidak Mendukung Perda Berlandaskan Agama

Editor : mahardika

politik

Posting Terkait

Tinggalkan pesan