Muslim Mancanegara Gelar Ziarah Kubro Di Palembang


KORDANEWS- Tidak berbeda seperti tahun sebelumnya, ribuan umat muslim mancanegara datang dan berkumpul di Kota Palembang. Mereka berziarah ke makam ulama jelang bulan suci Ramadan yang disebut haul dan ziarah kubro.

Iring-iringan marawis dan salawat bersahutan di sepanjang jalan di Kampung Sei Bayas menuju pemakaman ulama di Kawah Tengkurep.

Kawah Tengkurep diketahui merupakan kompleks pemakaman Pengeran Syarif Ali. Termasuk makam para ulama pada massa kesultanan di Kota Palembang saat menyebarkan ajaran agama Islam.

Haul dan ziarah kubro ini berlangsung 3 hari sejak tanggal 4 hingga 6 Mei. Hadir ribuan umat muslim dari berbagai negra seperti Singapura, Brunei Darussalam, Yaman, Malaysia hingga Arab Saudi.

“Ada puluhan ribuan umat muslim datang ke Palembang untuk ikut dalam haul dan ziarah kubro tahun ini. Mereka tidak hanya dari Palembang dan Sumsel saja, tapi juga ada dari mancanegara,” kata Humas haul dan ziarah kubro, Habib Mahdi, Minggu (6/5/2018).
Dikatakan Habib Mahdi, umat muslim yang datang tidak hanya untuk ziarah. Ada yang sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan keluarga di Kota Palembang mengingat bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari.

“Ya biasanya mereka silaturahmi juga dengan keluarga yang ada disini, dengan para ulama karena mereka sudah tinggal di luar negeri. Jadi kegiatan ziarah kubro ini sebenarnya kegiatan rutin jelang bulan suci Ramadan,” katanya.

Tidak ada persiapan istimewa saat haul dam ziarah kubro. Umat muslim laki-laki dari berbagai usia tampak hadir dan tumpah ruah di jalanan menuju makam yang berada tepat di sebelah Pelabuhan Boom Baru.

Selain berseragam putih, ada pula yang sengaja membawa atribut berupa payu pada zaman kesultanan dan bendera dengan tulisan arab. Hal ini dilalukan hanya setiap satu tahun sekali jelang Ramadan.

Baca Juga :   Beli Sepatu di Sumatera Selatan Expo, Pj Walikota Palembang Dapat Cinderamata

Editor : ardi

palembang tradisi ziarah kubro

Posting Terkait

Tinggalkan pesan