Prihatin Lihat Kondisi Palembang, Sadar Bakal Basmi Kemiskinan dan Pengangguran


KORDANEWS – Tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Palembang membuat prihatin Calon Walikota dan Wakil Palembang Ir H Sarimuda MT-Ir Kgs Abdul Rozak MSc (Sadar). Keduanya berkomitmen membasmi kemiskinan dan pengangguran.

Kampanye akbar pasangan yang diusung Partai Nasdem, Gerindra, dan PKS ini dihadiri banyak tokoh. Diantaranya Ketua Umum Pasrtai Nasdem, Surya Paloh dan rombongan, H Syahrial Oesman, H Eddy Santana Putra, DPP Gerindra dan Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel, Aswari Rivai serta rombongan, DPP PKS dan DPW PKS Sumsel, Partai Berkarya, Partai PKPI, serta ormas-ormas lainnya. Kampanye akbar ini dimeriahkan grub band Radja dan artis-artis dangdut Ibukota.

“Kami prihatin, di Palembang ini angka kemiskinan mencapai 880.000 jiwa dan penganggurannya lebih dari 100.000 jiwa. Makanya kami akan basmi kemiskinan dan pengangguran di Palembang,” kata H Sarimuda didampingi H Abdul Rozak menyampaikan orasinya dihadapan puluhan ribu massa yang memadati pelataran BKB, Minggu (06/05).

Ucapan H Sarimuda membuat massa terdiam sejenak dan sejurus kemudian langsung membahana tepuk tangan meriah. H Sarimuda melanjutkan, untuk melaksanakan hal tersebut dibutuhkan keseriusan dan kerja keras, serta pengalaman yang mumpuni di Pemerintahan. H Sarimuda yang sudah 30 tahun berstatus PNS dan mendirikan Forum Amal Kemanusiaan (Fakem) Palembang Darussalam sejak 2005, telah membuat program kerja yang berpihak untuk rakyat.

“Caranya dengan meningkatkan ekonomi rakyat, pelatihan ekonomi, berikan modal usaha, juga memberikan tempat usaha. Pedagang Kaki Lima (PKL) jangan digusur, tapi ditata. Kami yakin dalam dua tahun dapat menuntaskan kemiskinan dan pengangguran,” tegasnya.

Cuaca panas terik, tidak membuat massa bergeming dari tempatnya berdiri. Mereka rela berdesak-desakan untuk mendengarkan orasi yang disampaikan H Sarimuda-H Abdul Rozak. H Sarimuda juga memastikan pelayanan air bersih melalui PDAM Tirta Musi, Transmusi, jalan rusak, banjir, pasar tradisional, juga akan dikembalikan menjadi baik seperti zaman Walikota Ir H Eddy Santana Putra.

Baca Juga :   Temukan Dugaan Politik Uang, Kuasa Hukum SBH Lapor Panwaslu

H Sarimuda juga kerap mendapat pengaduan masyarakat tentang sekolah dan berobat yang tidak lagi gratis, maka dirinya akan mengambil sikap tegas.

“Sekolah harus gratis, kalau ada yang bayar, pejabatnya saya pecat. Berobat juga akan gratis, tidak perlu banyak kartu, cukup tunjukkan KTP harus dapat dilayani di Puskesmas dan Rumah Sakit,” imbuhnya dan disambut yel yel dukungan dari massa.

Ketua RT, RW, para Honorer di Pemkot Palembang, serta guru ngaji juga mendapat perhatian khusus H Sarimuda-H Abdul Rozak.

“Insentif ketua RT sekarang hanya Rp 300 ribu, nanti dinaikkan jadi Rp 600 ribu. Pasukan Kuning (kebersihan) dan honorer sekarang dibayar Rp 300 ribu, menjadi UMR sekitar Rp 2,4 juta. Guru Ngaji juga akan dapat honor,” bebernya.

Sebelumnya H Eddy Santana Putra membuka orasi dengan menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi Kota Palembang saat ini.

“Zaman saya dulu air bersih bagus, sekolah dan berobat gratis, Transmusi juga berjalan. Semuanya harus dilanjutkan, dan saya yakin H Sarimuda-H Abdul Rozak dapat lebih baik lagi. Beliau ini dizalimi pada Pilkada 2013 lalu, sudah menang tapi dikalahkan MK. Kita bela orang terzalimi dan memang memiliki kemampuan membangun Palembang,” tuturnya yang dijawab ‘Siap’ secara serentak oleh massa.

Kemudian Surya Paloh yang datang secara khusus dalam kampanye tersebut memerhatikan kemampuan dan kelayakan H Sarimuda-H Abdul Rozak untuk memimpin Kota Palembang.

“Kemampuannya telah saya pahami, dengarkan pikirannya, tutur bahasanya. Terpenting lagi saya melihat keikhlasan, kejujuran, serta semangat untuk membangun Palembang. H Sarimuda-H Abdul Rozak akan menepati janji, saya sendiri yang akan mengawalnya, katanya.(Ab)

Editor : mahardika

palembang pilkada politik

Posting Terkait

Tinggalkan pesan