Home Sport Jelang Pembukaan Asian Games, Rumput Stadion UGBK Dipindahkan

Jelang Pembukaan Asian Games, Rumput Stadion UGBK Dipindahkan

KORDANEWS, Jakarta- Sebagai bentuk persiapan Asian Games 2018 khususnya upacara pembukaan, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 sudah melakukan persiapan matang sebelum pelaksanaan pertandingan dimulai.

Salah satunya dengan memindahkan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ke area panahan hingga selesai upacara pembukaan Asian Games 2018.

“Infrastruktur di kawasan GBK, utamanya SUGBK merupakan aspek penting untuk sukses penyelengaraan Asian Games 2018. Untuk menjaga asset didalam SUGBK tetap berstandar internasional dan dapat digunakan dengan baik pada saat Games Time, dimulai hari ini (16/5), rumput di dalam SUGBK akan dipindahkan.” kata Winarto, Direktur Utama PPK GBK.

“Pemindahan rumput dari SUGBK ini juga sudah kami konsultasikan dengan pakar ahli rumput IPB sehingga tidak akan ada kesalahan ketika memindahkan rumput tersebut. Kemudian dengan menggunakan armor-deck sebagai pelindung permukaan tanah maupun lintasan lari sehingga tidak turun. Armor-deck adalah alat pelindung yang dapat menyebarkan beban berat agar tidak hanya bertumpu pada satu titik, sehingga nanti ketika kami membawa perlengkapan berat dan mungkin beratnya berton-ton tidak merusak permukaan tanah dan lintasan lari untuk atletik di SUGBK. Selesai seremoni, rumput kami kembalikan” Tambah Eris Herryanto, Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Pemindahan rumput seluas 7.500 meter persegi ini akan menggunakan teknik sodding dimana rumput nantinya digulung kemudian langsung dipindahkan ke lokasi venue panahan selama 3 bulan.

“Pemindahan sementara rumput ini tentunya akan dilakukan dengan prosedur yang benar dan baik. Memang jika dilihat, proses ini membutuhkan banyak strategi untuk merawat dan memindahkan rumput di SUGBK.” ujar Qamal Mutaqin, Pakar Ahli Rumput IPB.

editor : lintang

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here