Home Ekonomi Pertamina Sedia Motoris BBM Untuk Pemudik

Pertamina Sedia Motoris BBM Untuk Pemudik

KORDANEWS – Di Sumsel akan ada jasa pengantar Bahan Bakar Minyak (BBM) atau disebut motor kemasan (motoris) yang bisa membantu perjalanan para pemudik yang mungkin akan terkena kemacetan di tengah perjalanan.

Pelayanan terbaru ini akan diterapkan Pertamina Marketing Operasional Regional (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) di beberapa kawasan yang rawan macet.

General Manager (GM) MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto mengatakan, jasa pengantar BBM ini sebenarnya sudah ada di pulau Jawa tiga tahun lalu dan di Bandar Lampung satu tahun terakhir.

Di Sumsel sendiri baru akan disiapkan tahun ini, termasuk di perbatasan Kota Palembang dengan kabupaten lainnya. Kendaraan sepeda motor akan disiapkan untuk membawa pesanan BBM para pengendara.

“Kalau dulu sepeda motor tidak diizinkan masuk tol, sekarang sudah bisa. Jadi satu unit sepeda motor yang dioperasikan bisa membawa hingga 100 liter lebih BBM dalam kemasan botol,” ujarnya kepada Kordanews.

Ada sebanyak 25 unit motoris yang disiapkan, yang disebar di Lampung sebanyak 15 unit, di Sumsel sebanyak 5 unit dan 5 unit di masing-masing kawasan Sumbagsel lainnya.

Motoris ini akan dihadirkan sekitar H-6 jelang mudik lebaran nanti, di beberapa titik kemacetan arus mudik se-Sumbagsel. Salah satu kawasan di Sumsel yaitu di Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang berdekatan dengan Kota Palembang.

Jasa ini juga dinilai sangat dibutuhkan di kawasan dengan kontur perbukitan, rawan longsor dan selalu terjadi kemacetan dalam waktu lama. Pengguna kendaraan bisa memesan jasa ini dengan menghubungi call center 150-0000 dan akan BBM akan diantarkan sesuai pesanan.

“Sebelum mengantar BBM pesanan, kita memantau dulu apakah benar kawasan tersebut trafik kemacetan arus mudiknya tinggi dan jauh dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Untuk menghindari ulah usil oknum tertentu,” ungkapnya.

Pertamina juga mobil tangki dispenser yang akan ditempatkan di kawasan strategis di Kota Palembang. Namun kemungkinan hanya akan menyediakan BBM jenis Pertamax, yang konsumsinya saat ini cukup tinggi.

Kendaraan yang disebut Power Take Off (PTO) ini juga punya alat meter jumlah penyaluran BBM. Jasa penyedia BBM ini juga mampu mengangkut hingga 8.000 liter BBM Pertamax.

“Kita juga menyiapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak H-15 hingga H+15 lebaran untuk memantau peningkatan dan kebutuhan BBM selama puasa dan lebaran,” ujarnya.

Layanan lainnya yaitu Kantong BBM atau Mobile Storage, SPBU Buffer Stock, dan pelayanan 24 jam di seluruh Terminal BBM di Sumbagsel.

Untuk konsumsi BBM jenis gasoline seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite dan Premium diprediksi meningkat hingga 19 persen. Prediksi peningkatan konsumsi BBM ini diperkirakan terjadi pada tanggal 9 Juni 2018, dengan angka kenaikan hingga 77 persen dari konsumsi normal.

BBM jenis gasoil yaitu PertaminaDex, Dexlite dan Solar konsumsinya diprediksi menurun hingga 11 persen dari sebelumnya.

“Selama arus mudik dan balik, kendaraan berat tidak boleh dioperasikan jadi konsumsinya diperkirakan turun dari konsumsi normal,” tandasnya. (Vic)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here