Waspada Hewan Ternak Melintas di Jalur Mudik

87 views

KORDANEWS – Pengendara roda dua maupun roda empat diminta tetap mewaspadai keberadaan hewan yang kerap liar di jalanan, khususnya di jalur mudik. Keberadaan hewan seperti sapi, kambing, anjing dan ayam sejenisnya kerap berada di jalanan.

Kondisi tersebut sangat membahayakan pengendara. Hal tersebut seperti terlihat di jalan lintas Lahat-Pagar Alam, tepatnya di Desa Kuba Kecamatan Pulau Pinang, Lahat.

Sejumlah kawanan hewan ternak sapi terlihat melintas dan ‘memborong’ badan jalan yang dilintasi. Sesekali terlihat kawanan sapi ini berlarian terkejut setelah kedatangan kendaraan yang membunyikan klakson. Pengendara diminta hati hati saat melintasi kawanan sapi ini sebab seketika bisa melintasi laju kendaraan.

“Ya kita sangat khawatir keberadaan sapi sapi ini di jalanan. Sebab selain manganggu kelancaran juga bisa berdampak kecelakaan. Apalagi keberadaanya ketap muncul tiba tiba, “ujar Ujang, salah satu pengendara, yang akan pulang ke Kota Pagar Alam dari Lahat, Minggu (10/6/2018).

Terpisah, Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasat Lantas, AKP Dani Prasetya SIK memberikan imbauan agar keberadaan hewan menjadi perhatian bagi pengemudi.

Jika memang saat melintas mendapati hewan hewan tersebut, pengendara diminta pelan pelan melajukan kendaraanya.

“Tidak saja dengan keberadaan kondisi jalan, cuaca dan kondisi fisik, pengendara hewan juga harus diwaspadai. Sebab, bisa membahayakan pengendara, “imbau Dani.

Disisi lain, Dani sendiri mengimbau bagi pemilik hewan peliharaan tersebut agar mengandangkannya. Terlebih, jelang lebaran intensitas kendaraan meningkat signifikan. Tidak hanya bisa mencelakakan pengendara dan warga sekitar tapi juga bagi hewan yang tertabrak.

“Sejauh ini untuk kendaraan pemudik sudah berangsur meningkat. Tapi masih lancar. Ada sembilan Pospam disiapkan untuk memantau pelaksanaan arus mudik lebaran tahun ini, “terangnya. (Mil)

Baca Juga :   Air Nabeez Berikan Banyak Manfaat

Editor: Janu

jalur mudik lebaran 2018 ramadhan

Posting Terkait

Tinggalkan pesan