Begini Cara Tepat Kelola Keuangan Sesudah Lebaran


KORDANEWS – Pascalebaran, akan berdampak kepada keuangan. Sebab itu, kita harus pintar mengelolanya. Berikut tips yang bisa dilakukan dilansir dari amalan.com

Jangan Belanja Berlebihan

Langkah pertama dalam mengelola keuangan pasca lebaran yang harus Anda lakukan adalah dengan menghindari belanja secara berlebihan. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi belanja adalah dengan membuat anggaran pengeluaran secara detil. Jangan sampai Anda kembali melakukan belanja berlebihan sampai-sampai mengacuhkan kewajiban dan keperluan yang lebih primer, seperti mengisi kembali pundi-pundi tabungan dan melunasi pinjaman yang Anda ambil saat bulan Ramadan. Terlebih dari itu, cobalah untuk melakukan detoks kartu kredit. Kebutuhan belanja yang meningkat pada bulan Ramadan biasanya mengakibatkan seseorang juga menggunakan kartu plastik tersebut untuk berbelanja. Maka dari itu, jangan menambahkan total utang lagi ke dalam kartu kredit yang Anda miliki, agar tidak semakin kesulitan saat akan melunasi tagihan.

Sisihkan Sebagian Gaji di Awal

Pertama yang Anda terima pasca hari raya perlu Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk mengembalikan stabilitas kondisi finansial Anda. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyisihkan sebagian porsi gaji untuk ditabungkan. Selain itu, Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk melunasi utang yang mungkin bertambah untuk menutupi pengeluaran selama Lebaran. Apabila Anda tidak segera menyisihkan penghasilan, tanpa sadar uang tersebut dapat langsung habis untuk dibelanjakan barang-barang yang belum tentu Anda perlukan. Anda juga dapat mencari penghasilan tambahan untuk menambah tabungan dan melunasi utang.

Segera Lunasi Pinjaman

Untuk memenuhi keperluan di hari raya, beberapa dari Anda mungkin mengajukan pinjaman ke bank. Hal ini dapat menyebabkan bertambahnya beban keuangan di kemudian hari untuk melunasi utang tersebut. Terlebih mungkin sebagian orang mengajukan pinjaman ini tanpa memprediksi kemampuannya untuk melunasi pinjaman tersebut. Apabila ternyata Anda tidak sanggup membayarkan utang tersebut, Anda dapat mencoba menegosiasikan utang kartu kredit atau KTA yang anda miliki kepada pihak bank. Cara ini dapat memberi Anda kemudahan dan keringanan dalam melunasi utang anda. Dengan segera membebaskan diri Anda dari utang, Anda dapat kembali menstabilkan kondisi keuangan Anda.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan