Home Sport Belgia Menang Besar

Belgia Menang Besar

KORDANEWS – Pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 di menangkan Belgia dengan skor besar 3-0 atas Panama di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Senin (18/6) malam.

Belgia mendominasi permainan sejak peluit pertama dibunyikan. Mereka membuka serangan melalui dua sayap yang ditempati Eden Hazard dan Dries Mertens.

Dua ancaman berbahaya diberikan Belgia pada lima menit pertama. Tembakan Yannick Ferreira-Carrasco dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap oleh kiper Jaime Penedo. Tembakan keras Mertens dari jarak dekat juga berhasil ditepis keluar oleh kiper dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ke-12, kapten Panama Roman Torres melakukan blunder. Bola yang disodorkannya kepada kiper terlalu lemah sehingga berhasil direbut oleh Eden Hazard. Beruntung bola tembakan Hazard hanya menerpa sisi luar jala samping gawang.

Tapi Roman Torres menjadi penyelamat di menit ke-22. Dia berhasil membelokkan bola umpan silang Kevin de Bruyne di depan mulut gawang sebelum berhasil disambar oleh Romelu Lukaku.

Kiper Panama Jaime Penedo kembali melakukan sebuah penyelamatan gemilang di menit ke-37. Tembakan keras Eden Hazard dari jarak dekat berhasil dibloknya keluar dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Semenit kemudian Jaime Penedo kembali melakukan aksi brilian dengan merebut bola dari kaki Romelu Lukaku yang sudah lolos dari kawalan bek Panama saat menerima umpan terobosan dari De Bruyne.

Hingga menit-menit akhir babak pertama, Belgia masih kesulitan mencetak gol meski terus mengurung pertahanan Panama. Disiplinnya pemain-pemain Panama dalam bertahan membuat Eden Hazard dkk kesulitan mendapatkan ruang tembak yang bagus. Kedua tim pun harus puas dengan kedudukan imbang tanpa gol saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Belgia langsung memperagakan permainan cepat dan menusuk ke jantung pertahanan Panama. Mereka ingin mencetak gol cepat di saat pemain-pemain Panama masih lengah menjaga pertahanannya.

Benar saja. Baru dua menit babak kedua berjalan atau menit ke-47, Dries Mertens sudah berhasil membobol gawang Panama. Pemain Napoli ini menyambar bola yang lepas dari kontrol Fidel Escobar di dalam kotak penalti. Belgia memimpin 1-0.

Ketinggalan satu gol seperti memicu semangat pemain-pemain Panama. Mereka yang lebih banyak bertahan di babak pertama, kali ini berani melakukan serangan.

Michael Murillo nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-53. Lolos dari kawalan bek Belgia, Murrillo berhasil meraih bola umpan jauh dari belakang. Tapi tembakannya masih bisa dihadang dengan kaki oleh kiper Thibaut Courtois.

Romelu Lukaku memperbesar keunggulan Belgia jadi 2-0 di menit ke-69. Dia membobol gawang Panama dengan sundulan memanfaatkan umpan terukur yang dilepaskan oleh Kevin de Bruyne dari luar kotak penalti.

Belgia yang kini berada di atas angin semakin bersemangat melakukan tekanan. Sementara pemain-pemain Panama tampak kerepotan menerima gempuran bertubi-tubi yang dilancarkan Eden Hazard dkk.

Romelu Lukaku kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Belgia unggul 3-0 di menit ke-75. Dalam sebuah serangan balik cepat, Eden Hazard yang mendribel bola dari tengah lapangan, kemudian mengoper bola kepada Lukaku di luar kotak penalti. Dengan mudah Lukaku melepaskan tembakan kaki kiri dan gol.

Belgia agak mengendurkan tekanan pada 10 menit akhir. Situasi itu dimanfaatkan oleh Panama untuk melakukan serangan. Tapi upaya keras Panama tak mampu menembus pertahanan kokoh Belgia.

Hingga peluit akhir berbunyi tak ada gol yang tercipta. Pertandingan dimenangi oleh Belgia dengan skor akhir 3-0.

Susunan Pemain:

Belgia: Thibaut Courtois; Dedryck Boyata, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Yannick Ferreira-Carrasco, Eden Hazard, Dries Mertens, Romelu Lukaku.

Panama: Jaime Penedo; Eric Davis, Michael Murillo, Fidel Escobar, Roman Torres, Gabriel Gomez, Armando Cooper, Edgar Barcenesm Anibal Godoy, Jose Luis Rodriguez, Blas Perez.

editor : lintang

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here