Home Politik Jelang Pencoblosan, 2.000 Saksi SBH Ikuti Pelatihan

Jelang Pencoblosan, 2.000 Saksi SBH Ikuti Pelatihan

KORDANEWS – Guna membentuk tim pengawas dan saksi saat pencoblosan calon pemilukada Kabupaten Muara Enim periode 2018/2023 pada 27 Juni mendatang, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut satu, Ir H Syamsul Bahri dan Ir H Hanan Zulkarnain menyelenggarakan pelatihan saksi di Gedung Serba Guna Siang Malam, Kota Prabumulih, Selasa (19/20/2018).

Lebih kurang sebanyak 2.000 orang saksi dari pendukung Syamsul Bahri Hanan (SBH) yang berasal dari daerah pilih tiga dan empat mengikuti kegiatan pelatihan saksi yang dihadiri langsung oleh komisioner KPUD Kabupaten Muara Enim, Ahyaudin SE.

Ir Syamsul Bahri meminta agar semua saksi dapat bertindak jujur, dan bisa mengawasi segala tindak kecurangan yang kemungkinan terjadi.

“Kita harus bekerja ekstra, bukan hanya duduk santai dan melihat. Tapi, benar-benar kita awasi proses pencoblosan nanti,” terang Syamsul.

Sementara, pemateri yang diisi oleh komisioner KPUD Kabupaten Muara Enim mengatakan hal yang sama, diharapkan semua saksi kedepan dapat bekerja sesuai tupoksinya masing-masing.

“Disini kita memberikan materi kepada para saksi, agar bisa mengawasi hal yang dikhawatirkan saat pencoblosan nanti, seperti mengawasi mana lembar suara yang tidak sah dan mana yang sah,” ujar Ahyaudin

Masih kata Ahyaudin, selain untuk mengawasi, para saksi diminta segera menyerahkan surat mandat paling lambat satu hari sebelum pencoblosan ke ketua KPPS.

“Setelah itu saksi juga diminta datang pada pukul 06.00 wib ke TPS masing-masing untuk menyaksikan sumpah janji petugas KPPS di TPS setempat,” tambahnya.

Nah untuk surat suara yang tidak sah, lanjut Ahyaudin, segera lapor ke petugas KPPS agar dapat segera di ganti dengan yang baru.

“Pastikan saat membuka kotak suara, jumlah surat suara sama dengan jumlah pemilih yang ada, tidak boleh lebih,” tukasnya. (Ari)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here