Home Budaya Sungai Kedukan Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Palembang

Sungai Kedukan Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Palembang

KORDANEWS -Walikota dan Wakil Walikota Palembang yang kembali mencalonkan sebagai pasangan Walikota dan Wakil ini, kembali menggelar gotong royong bersama masyarakat dengan melakukan pembersihan dan mengecat jembatan dan pinggiran Sungai Kedukan juga penanaman benih pohon.

Sudah menjadi tekad Harnojoyo untuk menjadikan kawasan Sungai Kedukan sebagai salah satu destinasi wisata swafoto dan sejarah yang mirip dengan kawasan Tepian Sekanak bersolek dengan secara simbolis melakukan pengecatan jembatan dan pinggiran Sungai Kedukan dengan motif warna-warni dan penanaman benih pohon.

Hal ini diungkapkan Harnojoyo. “Di tempai ini juga akan kita aktifkan festival dan lomba bidar mini. Bahkan nantinya juga kita buat replika prasasti Kedukan Bukit yang dibuat persis dengan aslinya beserta terjemahnya sebagai salah satu destinasi wisata sejarah dengan latar belakang Sungai Kedukan yang elok,” terangnya.

Dikatakannya, pihaknya telah menyiapkan puluhan destinasi wisata baik wisata kuliner, sejarah, swafoto yang kekinian hingga wisata religi untuk menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lebih lanjut, selain keramahan masyarakat dan kuliner khas Kota Palembang, dan memanjakan wisatasan dengan destinasi wisata yang ada seperti Kampung Al-Munawar, Alquran Akbar, Pedestrian Sudirman, Lorong Basah Night Culinary dan lain sebagainya. Sehingga kita yakin tahun ini wisatawan yang mengunjungi Kota Palembang akan mencapai 2,5 juta orang.

“Semakin mendekati perhelatan Asian Games pada Agustus mendatang, kebersihan dan kerapian jalanan harus terjaga. Bahkan kami tengah memperbaiki ruas jalan yang rusak di Kota Palembang dengan total panjang sekitar 100 kilometer (KM) dengan dana mencapai Rp 340 miliar. Di mana pada 2018 ini, perbaikan tersebut terbagi dalam 1000 paket perbaikan jalan yang telah dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang,” tambahnya.

Apa yang dikatakan Harnojoyo diperkuat dengan penyampaian Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Bastari yang telah menyiapkan sekitar 10 personil tiap harinya untuk membantu pengerjaan pewarnaan tepian dan jembatan di Sungai Kedukan tersebut.

“Tiap hari yang berbeda sesuai dengan volume pengecatan, akan dilakukan pengecatan dan untuk motifnya sendiri, digunakan dengan bernuansa retro, sebab di sini juga masih banyak rumah-rumah lama atau rumah ada asli Kota Palembang,” pungkasnya. (eh)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here