Home Sport Kubur Mimpi Brasil, Belgia Terbang Ke Semifinal

Kubur Mimpi Brasil, Belgia Terbang Ke Semifinal

KORDANEWS – Mimpi Brasil untuk angkat tropi Piala Dunia 2018 terkubur setelah ditumbangkan Belgia di babal perempat final skor tipis 2-1.

Alhasil The Red Devils dengan kepala tegak melaju ke semifinal.

Gol kemenangan Belgia di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dinihari WIB, datang lewat bunuh diri Fernandinho dan Kevin De Bruyne. Belgia menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Brasil.

Di babak kedua, Brasil berulang kali melancarkan serangan ke pertahanan Belgia. Cuma ada satu gol yang tercipta untuk Selecao lewat sundulan Renato Augusto.

Brasil gagal menambah gol di sisa waktu babak kedua. Belgia pun keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 dan berhak melangkah ke semifinal.

Belgia akan berjumpa Prancis di laga semifinal. Les Bleus melaju setelah mengalahkan Uruguay 2-0.

Belgia lebih dulu memberi ancaman ke pertahanan Brasil. Kevin de Bruyne memenangi duel dengan Fernandinho di sepertiga akhir dan melepaskan tembakan mendatar. Upayanya masih melebar di kiri gawang.

Brasil mendapat peluang emas di menit kedelapan. Thiago Silva menyambar bola dari umpan sepakan pojok Neymar dengan pahanya, tapi bola membentur tiang. Thibaut Courtois dengan cepat mengamankan bola liar.

Belgia unggul duluan 1-0 di menit ke-13. Vincent Kompany menanduk bola hasil sepak pojok, bola berbelok arah ke dalam gawang Brasil setelah mengenai bagian tubuh Fernandinho.

Brasil berusaha keras untuk langsung mencari gol balasan. Beberapa kemelut terjadi di kotak penalti Belgia. Tak ada pemain Brasil yang sigap untuk menyambar bola.

Belgia sesekali memberi ancaman ke pertahanan Brasil. Serangan balik cepat yang digalang Eden Hazard dan Kevin De Bruyne kerap bikin bek-bek Selecao kocar-kacir.

Tembakan spekulasi dilepaskan Marcelo dari luar kotak penalti Belgia di menit ke-26. Bola meluncur kencang di tanah, tapi masih bisa ditepis Courtois.

Belgia memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-33. Romelu Lukaku melakukan serangan balik setelah berhasil mendapat bola di sepertiga akhir pertahanan.

Bola digiring mendekat kotak penalti Brasil untuk kemudian mengoper ke De Bruyne. De Bruyne melepaskan tembakan mendatar yang tak bisa dihentikan Alisson Becker.

Di menit ke-37, Courtois membuat dua penyelamatan. Kiper Chelsea itu menepis tembakan Marcelo yang berbelok arah, tak lama kemudian menggagalkan tembakan Philippe Coutinho.

Belgia mendapat peluang di menit ke-42 lewat sontekan Kompany dengan tumitnya usai memanfaatkan umpan sepak pojok. Alisson masih berdiri di posisi yang tepat untuk menangkap bola.Tak ada gol tambahan hingga turun minum. Belgia unggul 2-0 atas Brasil.

Brasil mengurung pertahanan Belgia di 10 menit pertama babak kedua. Belgia menumpuk enam sampai tujuh pemain di area penalti yang bikin Brasil kesulitan melepaskan tembakan.

Gabriel Jesus membuat gerakan bagus hingga kotak penalti Belgia dan melewati Vertonghen dengan mudah di menit ke-56. Tetapi pergerakannya mendapat gangguan dari Kompany. Wasit menghentikan laga beberapa saat untuk meminta bantuan VAR dan tak ada penalti dari hasil review.

Serangan balik dibangun Belgia pada menit ke-61 lewat De Bruyne, yang langsung menyodorkan bola ke Hazard. Masuk ke kotak penalti, Hazard melepaskan tembakan ke tiang jauh, namun masih melebar dari target.

Selangan semenit giliran Brasil membuat ancaman. Douglas Costa melakukan penetrasi ke kotak penalti Belgia dari sisi kanan. Tembakan dilepaskan dan masih bisa ditepis Courtois.

Brasil memecah kebuntuan di menit ke-76. Pemain pengganti, Renato Augusto, cuma butuh tiga menit untuk membawa Brasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Coutinho melepaskan umpan silang yang disambar dengan sundulan Augusto.

Augusto nyaris membawa Brasil menyamakan skor di menit ke-81. Striker dari klub Beijing Sinobo Guoan itu mendapat ruang bebas di depan kotak penalti, namun tembakannya melenceng sedikit di sisi kiri gawang Belgia.

Brasil gagal melesakkan gol penyeimbang di sisa waktu babak kedua. Belgia melaju ke semifinal dengan kemenangan 2-1. (net)

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson; Fagner, Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho (Renato Augusto 73′), Fernandinho, Coutinho; Willian (Firmino 46′), Gabriel Jesus (Costa 58′), Neymar.

Belgia: Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, Fellaini, Witsel, Chadli (Vermaelen 83′); De Bruyne, Hazard; Lukaku (Tielemans 87′). 

editor : lintang

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here