Polres Mura Sosialisasikan Maklumat Kapolda Sumsel Soal Karhutla


KORDANEWS – Terkait saat ini di Indonesia sedang menghadapi musim kemarau, terutama di wilayah Kabupaten Musi Rawas dan sekitarnya, Polres Musi Rawas melalui Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmasnya terus genjar memberikan sosialisasi dan sebar maklumat Kapolda Sumsel tentang Karhutla.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Megang Sakti Brigpol Abdul Haris Muliansyah, dirinya terus meningkatkan dalam melaksanakan giat Sosialisasi dan Penyebaran Maklumat Kapolda tentang Karhutla kepada warga masyarakat / petani secara door to door.

Giat tersebut berlokasi di Desa binaanya yaitu Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Sabtu (21/07) jam 11.00 WIB dengan materi sosialisasi dan himbauan kamtibmas Maklumat Kapolda tentang Karhutla Nomor : 013/Mou/Polda/ 2018.

Dalam sosialisasinya Bhabinkamtibmas Brigpol Abdul Haris Muliansyah menyampaikan isi dari maklumat Kapolda yaitu larangan pembakaran lahan atau ilalang/ semak belukar.

Dampak pembakaran hutan, lahan/ ilalang yaitu kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan akibat asap, gangguan terhadap kegiatan masyarakat dan citra bangsa di dunia Internasional ” bangsa pembakar hutan “.

Dikatakannya bahwa bagi pelaku pembakaran hutan, lahan dan ilalang sesuai dengan Pasal 187 KUHP dapat dikenakan sanksi pidana 12 tahun bagi siapa yang sengaja membakar lahan/semak belukar dan Pasal 188 KUHP:

“karena kealpaan yang menyebabkan kebakaran dengan sanksi pidana 5 tahun kurungan penjara,” ukarnya.

“Juga sesuai dengan Pasal 108 KUHP : “setiap pelaku usaha yang membuka/ mengolah lahan dengan cara membakar sanksi pidana 10 tahun kurungan penjara / denda sebanyak 10 milyar,” katanya dalam penyampaiannya dihadapan masyarakat Desa Muara Megang.

Yang saat itu hadir Kepala Desa Muara Megang Ishak Arbawi, Babinsa Serka Rudiyanto dan Masyarakat Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

Baca Juga :   Digrebek Petugas, IRT Buang Sabu-sabu Daganganya Lewat Jendela Rumah

“Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro, SIK., MM juga menghimbau Kepada masyarakat di Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Muratara yang masih melakukan pembakaran hutan/lahan berdasarkan UU agar segera menghentikan kegiatan tersebut karena merupkan perbuatan melanggar hukum dan akan di tindak tegas,” jelas Bayu. (rel/era)

Editor : mahardika

mura

Posting Terkait

Tinggalkan pesan