Home Health PMI Lahat Pastikan Stok Darah Aman

PMI Lahat Pastikan Stok Darah Aman

KORDANEWS – Kebutuhan darah di Kabupaten Lahat selama ini selalu tercukupi. Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Lahat, dr Hj Elly Sulastri MARS melalui Pelaksana Harian, Renny SKM MKes didampinggi Kepala Adminstrasi, Gaya Susilawati APTTD SE MM mengungkapkan, UTD PMI Lahat selama ini menjadi pemasok darah ke pasien di RSUD Lahat.

“Yang namanya kurang tidak juga, namun stok darah di UTD PMI Lahat tercukupi dalam artian aman,”katanya, Selasa (24/7/2018).

Bahkan katanya, yang paling dominan menjadi tranfusi darah adalah pasien di sal kebidanan.

“Sal kebidanan yang paling banyak membutuhkan darah. Dan biasanya pasien mengambil darah ke UTD PMI Lahat. lalu ditempat kedua adalah sal penyakit dalam yang paling banyak membutuhkan darah. Namun Alhamdulillah, berkat kegiatan donor darah baik dari pihak perusahaan maupun donor dari pihak pemerintah, akhirnya stok darah kita selalu aman,”ucapnya.

Untuk itu, ia berterima kasih kepada pendonor darah sukarela yang rutin mendonorkan darahnya 60 hari sekali. Termasuk, masyarakat, instansi, lembaga yang telah rutin menyelenggarakan donor darah.

“Selain kegiatan donor darah yang digelar oleh pemerintah maupun pihak perusahaan, kita juga mengucapkan banyak terima kasih kepada donor sukarela yang rutin melakukan donor darah,”beber Gaya.

Ia mengingatkan, orang yang berpuasa tetap boleh berdonor darah asalkan syarat-syarat donor darah terpenuhi. Menurut Gaya, donor darah itu prinsipnya menyehatkan untuk kedua belah pihak, baik yang ditranfusi maupun yang berdonor darah.

“Mari berlomba dalam kebaikan, berbagi cinta untuk sesama melalui donor darah,” ujarnya lagi.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here