Home Headline Dinkes Lahat Catat Puluhan Warganya Dipasung

Dinkes Lahat Catat Puluhan Warganya Dipasung

KORDANEWS – Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat mendata setidaknya 620 warga di Bumi Seganti Setungguan mengidap gangguan jiwa. Jumlah tersebut didapat dari data hasil laporan 32 puskesmas yang ada di Lahat.

Dari 620 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), sebanyak 400 dalam pengobatan aktif, sementara 45 orang lainnya dalam keadaan dipasung.

“Faktor yang menyebabkan warga mengidap gangguan jiwa dipicu penyalahgunaan obat psikotropika, depresi berat, dan keturunan. Yang paling banyak disebabkan penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan depresi berat,” ujar Kadinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, melalui Kabid Pengendalian Penyakit, H Ubaidillah SKM MKes, Rabu, (25/7/2018).

Lebih lanjut dikatakanya, dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat, Kecamatan Jarai berada diposisi teratas denban keberadaan ODGJ paling banyak, yakni mencapai 120 orang. Dari jumlah tersebut, 80 orang diantaranya menjalani pengobatan. Lalu jumlah terbanyak berikutnya disusul oleh Kecamatan Suka Merindu, Muara Payang, Merapi Area, dan Kota Lahat.

“Sebenarnya penderitanya hampir menyebar ke seluruh kecamatan. Kita hanya bisa memberikan obat-obatan yang disalurkan melalui puskesmas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Bandar Jaya, Yuliani SKM MKes menuturkan, masih ada kemungkinan bagi ODGJ untuk sembuh. Asalkan pemberian obat rutin dan teratur, ditambah dukungan besar dari keluarga. Selain itu, lingkungan juga ikut berpengaruh terhadap kesembuhan pasien.

“Petugas kita rutin turun ke lapangan, untuk mengobati pasien ODGJ. Ada hanya diberikan obat, ada juga yang harus disuntik. Kalau lingkungannya tidak bersahabat, walaupun sudah sembuh bisa saja kumat lagi,” jelasnya. (Mil)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here