Home Headline Jokowi Minta Fokus Evakuasi 560 Pendaki Rinjani

Jokowi Minta Fokus Evakuasi 560 Pendaki Rinjani

KORDANEWS- Sejumlah pendaki termasuk warga negara asing masih terjebak di Gunung Rinjani, Lombok akibat gempa bumi 6,4 SR. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah bekerja melakukan penanganan.

“Untuk yang di Rinjani, sudah diproses kemarin oleh Barsarnas, BNPB, PMI juga semuanya bekerja sama dan semoga semua juga bisa selesai,” kata Jokowi usai meninjau posko pengungsian di kantor Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono melaporkan 165 orang Warga Negara Asing (WNA) ikut terjebak di Gunung Rinjani. Mereka berasal dari Thailand hingga Amerika.
“Hasil monitoring kami (dari jumlah 560 pendaki yang terjebak) ada 165 orang yang WNA. Ada dari Thailand, kemungkinan warga negara Amerika atau yang lain,” kata Sudiyono di kantornya.

Sudiyono mengatakan total pendaki yang terjebak hingga pagi ini berjumlah 560 orang. Mereka terjebak di dua lokasi yaitu Danau Segara Anak dan Batu Ceper.

“Kami mendapatkan informasi di sana ada 560 orang. 500 di posisi sudah berkumpul kemudian 60 di Batu Ceper, lokasi di sekitar Segara Anak, terpisah dari areal camping yang lain. Sehingga mereka berusaha untuk bergabung demgan tim yang bergabung ke Sembalun karena kondisi tanah longsor di sana,” ujarnya.

Sementara itu, pendaki dari Makassar yang dinyatakan meninggal dunia juga masih belum dievakuasi. Jenazah berada di dekat 500 orang yang berkumpul di Danau Segara Anak.

“Itu lebih dekat ke arah Sembalun, akan dievakuasi. Di yang 500 (posisi jenazah),” kata Sudiyono.

Editor : red

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here