Panglima TNI Siapkan Tiga Konsep Untuk Tanggulangi Karhutla


KORDANEWS – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyiapkan tiga konsep yang digunakan dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karthula) di Sumsel.

Hal ini disampaikan saat memimpin apel komando operasi kebakaran hutan dan lahan (Karthula) dalam rangka Pengamanan Asian Games 2018 di Griya Agung, Jumat (3/8/2018).
“Tiga konsep tersebut diantaranya, dengan melakukan pembasahan di lahan gambut, juga penggunaan teknologi modifikasi cuaca dan operasi darat yang difokuskan di 55 desa di Sumsel rawan karhutla,”katanya yang didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara RI ini mengajak semua pihak agar dapat berkomitmen dalam mengantisipasi karhutla di wilayah Sumsel. Menurutnya, asap bisa menjadi ancaman dalam pelaksanaan Asian Games yang tinggal menghitung hari.

“Kita harus berhati-hati dengan ancaman asap yang ditimbulkan dari karhutla apalagi sebentar lagi akan ada event Asian Games,” tegasnya.

Jenderal bintang Empat ini juga memerintahkan pasukan untuk terjun langsung kelapangan dan dapat tidur di 55 desa dengan tidur bersama dengan masyarakat, agar dapat memantau dan bergerak cepat apabila terjadi kebakaran di desa tersebut. (Ab)

Editor: Janu

Asian games karhutla

Posting Terkait

Tinggalkan pesan