Siap-Siap Vapers, Liquid Bakal Kena Cukai 57 Persen Per 1 Oktober 2018


KORDANEWS – Pemerintah menerapkan tarif cukai produk tembakau alternatif temasuk vape pada 1 Juli 2018 dalam kategori hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL). Nantinya, produk tembakau alternatif seperti rokok elektronik akan dikenakan tarif sebesar 57%.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea Cuka Kementerian Keuangan Nugroho Wahyu mengatakan, meskipun sudah ditetapkan pihaknya masih akan memberikan keringanan waktu. Artinya, pemberlakukan tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga tanggal 1 Oktober 2018 mendatang.

“(Vape) itu akan dikenakan cukai per tanggal 1 Juli tapi masih relaksasi sampai 1 Oktober karena enggak mungkin langsung dikenakan karena perlu persiapan pengusaha juga,” dikutip dari Okezone.

Menurut Nugroho, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap pengusaha dan pengguna rokok elektrik. Sebab menurutnya, pengguna dan pengusaha rokok elektrik jumlahnya sangat banyak maka perlu ekstra usaha untuk sosialisasi aturan ini.

“Pengusaha juga sudah kita ajak ngobrol sejak Januari, mereka sudah siap tapi nunggu aturannya,” ucapnya.

Nantinya lanjut Nugroho, pengusaha yang telah mendaftarkan diri nantinya akan wajib menggunakan pita cukai. Termasuk juga pada cairan yang digunakan sebagai tembakaunya rokok elektrik.

“Setelah itu mereka harus pesan pita cukai mereka yang ngevape itu nanti dicairannya ada pita cukainya,” kata Nugroho.

Bagi pelaku pasar yang sudah terlanjur memperluas peredaran vape pihaknya juga akan memberikan keringanan dan kesempatan untuk menempelkan cukai rokok. Dengan catatan, hingga batas waktu Oktober mendatang semua sudah diwajibkan menggunakan pita cukai.

“Di pasaran sudah beredar vape itu nah kita enggak bisa per tanggal 1 itu harus bayar kita berikan kesempatan pelaku pasar sampai 1 Oktober boleh di lapangan ada vape tidak tertempel asal dia produksi sebelum Juli. Tetapi sesudah Juli harus ditempelkan nah itu kita kasih relaksasi sampai batas waktu yang kita tetapkan. Setelah 1 Oktober semua sudah harus ada pita cukai. Kalau tidak kita operasi gitu,” jelasnya. (okz)

Editor: Janu

cukai vape

No related post!

Tinggalkan pesan