Bupati OKI Ajak Warga Tertib Administrasi


KORDANEWS – Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan serta sadar akan penting memiliki kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK)dan administrasi kependudukan lainya.

Salah satunya pelayanan pembuatan akta kelahiran, bagi pemohon Akta Kelahiran langsung mendapat Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA)

Kepala Bidang Pelayanan dan Catatan Sipil, Disdukcapil OKI, Akbar mengatakan, sebenarnya pelayanan sudah dilakukan sejak Juli lalu hanya saja belum dilakukan sosialisasi sehingga masih banyak warga yang belum mengetahui.

“Jadi siapa yang membuat aktivitas kelahiran langsung mendapat kartu keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA),” terangnya,

Ditambahkannya, terpenting persyaratan yang dibawa lengkap, biasanya dapat diselesaikan tiga hingga satu Minggu sesuai jam kerja. Karena biasanya yang lama itu karena persyaratan kurang lengkap.

Saat ini pemohon yang akan membuat akta kelahiran cukup banyak dalam sehari sekitar 50-60 orang. Dengan cara ini akan mempermudah masyarakat memiliki akta kelahiran yang merupakan haknya.

Sementara itu,Kasi Kelahiran, Eti Herawati menambahkan, setiap pihaknya melakukan pelayanan jemput bola banyak sekali yang tertarik untuk membuat akta kelahiran. “Seperti di Sungai Menang banyak warga yang datang tapi belum lengkap persyaratannya,” imbuhnya.

Masih kata dia, karena tidak lengkap persyaratannya jadi mereka disuruh mengumpulkan persyaratan dengan kelapa desa, sehingga nanti dikumpulkan secara kolektif untuk dibuatkan akta kelahiran di Disdukcapil OKI.

Bupati OKI Iskandar, SE menjelaskan pihaknya mendorong agar di percepat perekaman dan percetakan KTP-el dan admistrasi kependudukan lainya agar warga tidak merasa kesulitan jika sewaktu waktu membutuhkan.

“Apalagi di 2019 mendatang ada pesta demokrasi lagi seperti Pilpres dan pemilihan legislatif,”ujarnya.

Editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan